Pemprov Sumbar Akan Bagikan Beras Gratis Senin Depan

Beras di gedung Bulog Sumbar
Beras di gedung Bulog Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) akan membagikan beras gratis kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 pada Senin 30 Maret 2020 nanti.

Tiap orang akan mendapatkan 5 kilogram, diperkirakan beras sebanyak itu cukup untuk 16 hari untuk satu orang.

baca juga: Pemkab Agam Kembali Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 20 Juni

Kepala Dinas Pangan Sumbar Efendi menyampaikan, penerima bantuan tersebut merupakan masyarakat miskin yang ada di provinsi itu. Tahap awal akan dibagikan sebanyak 5 ton.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial soal data dan siapa saja yang akan menerima," jelasnya usai Rapat Penanganan Dampak Covid 19 Terhadap Perekonomian Sumbar di Aula Kantor Gubernur, Jumat 27 Maret 2020.

baca juga: Pemkab Pessel Jadikan PSBB Tahap Tiga Sebagai Transisi ke New Normal

Dijelaskannya, data sementara ada 476 ribu orang miskin di Sumbar. Sementara untuk teknis pembagian akan diserahkan ke kabupaten dan kota masing-masing.

"Saat ini beras tersebut sedang dipacking oleh Bulog," katanya.

baca juga: Pertama di Lima Puluh Kota, Nagari Situjuah Batua Punya Tempat Karantina

Disampaikan Efendi, untuk bisa bertahan selama tiga bulan ke depan Sumbar membutuhkan 4.200 ton beras. Sementara stok dinas pangan cuma 500 ton ditambah beras cadangan pemerintah sebanyak 200 ton. Walaupun demikian stok di Bulog aman untuk tiga bulan ke depan.

"Secara garis besar kita hanya punya 2 ribu ton. Untuk itu butuh Seribu ton lagi yang harus kita penuhi. Seribu ton tersebut membutuhkan dana sekitar Rp12 miliar mulai dari membeli hingga penyaluran. Berasnya bisa kita beli ke Bulog," terangnya. (*)

baca juga: Kontak dengan Pasien COVID, 37 Tenaga Puskesmas di Pessel Dikarantina

[Hms-Sumbar]

Editor: Joni Abdul Kasir