Antisipasi Dampak COVID-19, Pemkab Agam Mulai Siapkan Bahan Pokok

Pemkab Agam menyimpan garam untuk mengantisipasi dampak Covid-19
Pemkab Agam menyimpan garam untuk mengantisipasi dampak Covid-19 (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Agam mulai mempersiapkan dukungan pangan untuk masyarakat daerah itu menyikapi tanggap darurat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Tahap awal, Jum'at (27/3/2020) malam, sesuai instruksi Bupati Agam , Dr. H. Indra Catri, sebanyak 20 ton garam siap konsumsi telah disimpan di gudang.

baca juga: Ini Riwayat Perjalanan WNA di Sumbar yang Positif COVID-19

Menurut Asisten II Setda Agam , Yosefriawan, garam adalah salah satu bahan pokok harus ada di dapur yang tidak bisa diproduksi langsung oleh masyarakat. Sehingga harus disiapkan untuk menyikapi perkembangan Covid-19.

Dijelaskan, cadangan kebutuhan pangan untuk masyarakat Kabupaten Agam secara umum relatif aman, terutama beras, sayur-sayuran dan jenis kebutuhan mendasar lainnya. Sedangkan garam disiapkan untuk pelengkap masakan, supaya social distancing dan physical distancing dapat terlaksana secara optimal.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Sumbar 567 per 1 Juni, Persentase Sembuh di Angka 47,09 Persen

"Sesuai program Agam menyemai, cadangan sayuran, bumbu dapur dan cabe sebetulnya sudah ditanam masyarakat di kebun-kebun, yang selama ini dimanfaatkan untuk kebutuhan hariannya," sebut Yosefriawan.

Sedangkan khusus beras, katanya Pemkab Agam sudah mencadangkan di gudang Bulog, dan diproyeksikan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat.

baca juga: FKIK Semen Padang Salurkan Bansos untuk Warga Indarung Terpapar Covid-19

"Sesuai instruksi pimpinan, masyarakat tidak perlu resah dan cemas. Kabupaten Agam sebagai daerah surplus beras dan sayuran, yang saat ini tengah menyiapkan berbagai paket kebijakan pangan, termasuk operasi pasar khusus," jelasnya.

Pemkab Agam seperti disebutkan Bupati Agam , Dr. H. Indra Catri, melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi dampak penyebaran Covid-19, terutama dalam kesiapan pangan untuk masyarakat. (rilis)

baca juga: Gubernur Sumbar: Tes Swab Gratis Upaya Memutus Penyebaran COVID-19

Editor: Rezka Delpiera