88 Orang Kontak Dekat dengan Pasien Positif COVID-19 di Tanah Datar Jalani Rapid Test

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Sebanyak 88 orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif COVID-19 di Tanah Datar menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan dan rapid test (uji cepat) sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Setelah dilalukan pendataan terhadap siapa saja yang pernah kontak erat dengan pasien positif Corona terutama pada 18 dan 19 Maret 2020, ada sebanyak 88 orang yang terdiri dari rekan kerja, petugas kesehatan sampai sopir yang mengantarkan pasien ke RSUD Ahmad Muchtar Bukittinggi," ucap Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis di Pagaruyung, Sabtu 28 Maret 2020.

baca juga: Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

Ia menyebut setelah dilakukan uji cepat COVID-19, mereka yang kontak erat tersebut akan diisolasi secara mandiri di rumah masing-masing.

Namun, tutur Yesrita, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan melakukan isolasi di satu lokasi terpusat. Pemda tengah menyiapkan tempat yang mungkin digunakan seperti Akademi Komunitas di Lintau, Islamic Center di Pagaruyung, atau Balai Diklat Kemendagri di Baso Agam.

baca juga: Jemaah Lunas Bipih Berangkat Tahun Depan

Sementara itu, seorang pasien yang dinyatakan positif COVID-19 saat ini sedang dilakukan perawatan dan isolasi di RSAM Bukittinggi.

"Kita mengharapkan masyarakat tidak panik dan tetap tenang, namun tentu harus meningkatkan kewaspadaan, imunitas dan kebersihan di rumah masing-masing," tuturnya.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

Bagi warga Kabupaten Tanah Datar yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, serta membutuhkan informasi terkait COVID-19 dapat menghubungi pusat layanan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tanah Datar di nomor 081266273800 atau 085263068663. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri