ODP di Tanah Datar Tercatat 149 Orang, PDP 3 Orang, 1 Positif COVID-19

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tanah Datar hingga hari ini, Sabtu 28 Maret 2020, mencatat ada sebanyak 149 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 3 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 1 orang positif virus Corona .

"Jumlah kasus ODP meningkat 26 orang, dimana kemarin berjumlah 126 orang. Untuk kasus PDP tetap 3 orang, dinyatakan positif 1 orang, dan meninggal dunia karena COVID-19 nihil," ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tanah Datar Roza Mardiah di Pagaruyung, Sabtu 28 Maret 2020.

baca juga: Kadis Perdagangan Padang: Kita Ingin Tes Swab hingga 2000 Orang

Roza mengatakan meningkatnya jumlah ODP ini menunjukan adanya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya setelah kembali atau bepergian dari daerah yang menjadi pandemi COVID-19.

Ia menyebut adanya seorang warga Tanah Datar yang terkonfirmasi positif COVID-19, personil Gugus Tugas berupaya melakukan penyemprotan secara intensif dan masif, serta terus mengedukasi masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, hindari kerumunan masa, dan menjaga jarak (social distancing).

baca juga: Kluster Pasar Raya Padang Telah Lakukan Tes Swab kepada 1772 Orang

"Hari ini kita intensifkan penyemprotan dengan tetap membagi tim ke tempat-tempat yang beresiko tinggi penyebaran COVID-19, termasuk rumah dan area sekitar perumahan yang dinyatakan positif," tutur Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanah Datar ini.

Ia mengharapkan masyarakat selalu melaksanakan pola hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan secara rutin terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata dengan menggunakan air mengalir dan sabun cair.

baca juga: Warga Tanah Datar Dapat Urus Dokumen Kependudukan Secara Online, Ini Syaratnya

Kemudian, menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk dengan menggunakan tisue atau sisi dalam lengan atas,tisue yang digunakan dibuang ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya.

Ketika menderita sakit batuk, pilek dan gangguan saluran pernafasan lainnya gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan , serta hindari perjalanan ke wilayah pandemi COVID-19.

baca juga: Diduga Hilang Kendali, Pedagang Jeruk Tewas Tabrak Truk Fuso Sedang Parkir di Pasbar

Bagi warga Kabupaten Tanah Datar yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, serta membutuhkan informasi terkait COVID-19 dapat menghubungi pusat layanan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tanah Datar di nomor 081266273800 atau 085263068663. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri