Polresta Padang Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Dugaan Prostitusi Online Anak Dibawah Umur

Ketiga Tersangka di Mapolresta Padang
Ketiga Tersangka di Mapolresta Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Satreskrim Polresta Padang menetapkan tiga orang tersangka kasus dugaan prostitusi online anak dibawah umur. Diketahui tersangka warga Kota Padang dengan rentang usia 18 hingga 20 tahun.

Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan mengatakan, penetapan tersangka tersebut setelah penyidik melakukan pemeriksaan secara maraton terhadap 12 orang, yang terdiri dari 6 laki-laki dan 6 perempuan. "Mereka ini diamankan di salah satu hotel di Kota Padang oleh Polsek Padang Selatan pada Jumat (27/3/2020) siang," katanya, Sabtu (28/3/2020)..

baca juga: Sopir Kapolresta Padang Dinyatakan Positif COVID-19

Yulmar menambahkan, ketiganya berprofesi sebagai pencari tamu kepada 6 remaja perempuan tersebut. Di hotel tersebut, para korban dijual kepada lelaki hidung belang melalui aplikasi media sosial. Korban dibayar sebesar Rp300 ribu bahkan sampai Rp500 ribu untuk sekali kencan. "Para korban sengaja mereka inapkan di hotel, mereka mengambil dua kamar sekaligus untuk melakukan praktik prostitusi ," ujarnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda menambahkan, untuk para korban dan saksi dilakukan wajib lapor, sedangkan tiga orang tersangka langsung dilakukan penahanan.

baca juga: Polresta Padang Dirikan Dapur Umum, 500 Paket Makanan Dibagikan ke Warga Terdampak COVID-19

"Ketiga pelaku dijerat dengan pasal 88 jo pasal 76 I Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman diatas 10 tahun penjara," kata Rico.

Dari informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF , praktik prostitusi online ini terungkap karena salah seorang orang tua korban yang mendapati anaknya sudah tiga minggu tidak pulang kerumahnya. Orang tua tersebut, mengetahui anaknya berada di sebuah hotel di Kota Padang.

baca juga: Polresta Padang Bagikan Bingkisan Lebaran kepada Wartawan

"Pada Jumat (27/3/2020) sekira pukul 10.00 WIB, warga yang mengetahui anaknya berada di hotel," kata Kapolsek Padang Selatan AKP Ridwan.

Mendapatkan laporan tersebut, Kapolsek bersama anggotanya langsung melakukan pengecekan ke hotel yang diinformasikan. "Sesampai di hotel ternyata benar ditemukan di dalam dua buah kamar dengan 12 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang salah satunya merupakan anak dari pelapor," ungkap Ridwan.

baca juga: Kasat Reskrim Polresta Padang: Hingga Kini, Sudah 6 Napi Asimilasi yang Diamankan

"Setelah dimintai keterangan, 12 orang remaja yang beberapa di antaranya masih di bawah umur tersebut diduga melakukan tindak pidana praktik prostitusi anak di bawah umur lewat media sosial," ujarnya.

Ridwan menyebutkan, setelah mengamankan 12 orang tersebut, Polsek Padang Selatan langsung membawa mereka ke Mapolresta Padang untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Padang .

Editor: Muhammad Haikal