Positifers, Yuk Donasi APD untuk Tenaga Medis di RSAM Bukittinggi

Tim kesehatan yang menangani pasien COVID-19 di RSAM Bukittinggi
Tim kesehatan yang menangani pasien COVID-19 di RSAM Bukittinggi (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Alat Pelindung Diri (APD) merupakan perlengkapan vital bagi tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19. Namun hari ini, APD itu masih kurang untuk wilayah Sumatera Barat.

Wakil ketua tim siaga COVID-19 Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi, dr Dedy Herman mengatakan saat ini tim medis di RSAM sanagt membutuhkan APD, terutama untuk mereka yang langsung menangani pasien COVID-19.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

"Dalam sehari ada tiga siklus yang dilakukan di rumah sakit, yakni pagi, siang dan malam. Dalam setiap siklus, tentunya kita mengganti APD yang telah dipakai dengan yang bersih dan steril. Ini tidak hanya dibutuhkan oleh tanaga medis yang langsung menangani pasien, namun juga pihak untuk menstrilkan ruang isolasi," katanya saat dihubungi di Padang, Sabtu, 28 Maret 2020.

Ia mengatakan pihaknya menerima donasi dan bantuan dalam bentuk apa saja untuk tenaga medis. "Sejauh ini kita menerima bantuan dan donasi dari masyarakat dan komuitas yang ada di Bukittinggi dalam jumlah besar dan kecil. Ada yang menyumbangkan sepuluh masker N95, ada yang menyumbangkan masker medis 30 buah, ada yang menyumbangkan uang puluhan juta, dan lainnya," katanya.

baca juga: Finishing, Dalam Waktu Dekat Masjid Megah di Pantai Padang Bisa Digunakan untuk Salat

Dokter spesialis paru ini juga menuturkan bahwa pihaknya menerima donasi dari kalangan manapun dan dalam ukuran apapun. "Baik besar atau kecil, kita akan terima. Karena saat ini, kita membuthkan APD dan kita sangat kekurangan hal semacam itu," jelasnya.

Diakui Dedi, sampai saat ini bantuan APD dari pemerintah provinsi belum mncukupi kebutuhan tenaga medis yang ada di RSAM Bukittinggi. Jika Anda berniat mendonasikan apapun ke rumah sakit ini, silahkan langsung datang ke RSAM Bukittinggi atau bisa melaluikontak Indra Sonny dengan nomor kontak 08126708253. Yuk bantu sesama untuk mencegah dan mewaspadai COVID-19.(*)

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

Editor: Fitria Marlina