Tindak Lanjut Penanganan Wabah COVID-19, Ini Isi Surat Gubernur Sumbar ke Bupati/Walikota

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyurati Bupati/Walikota dalam rangka tindak lanjut penanganan wabah COVID-19.

Ada lima poin penekanan dari gubernur untuk Bupati/Walikota dalam rangka upaya pengendalian dampak sosial ekonomi terhadap masyarakat dan daerah sebagai akibat Wabah Pandami COVID-19.

baca juga: Polres Sijunjung Serahkan Bantuan 10 Ton Beras ke Masyarakat Terdampak COVID-19

Hal itu juga berdasarkan hasil kesepakatan rapat pada tanggal 28 Maret 2020 bersama seluruh Kabupaten- Kota se Sumatera Barat diminta kepada kepala daerah untuk:

1. Melakukan realokasi kegiatan dan refokusing anggaran untuk menangani dampak COVID-19.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 5 Juni, Positif 607, Sembuh 333, Meninggal 27

2. Menyediakan bantuan beras 9 kilogram perkapita perbulan kepada masyarakat dengan berbasiskan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terakhir dengan menambahkan 15 persen dan dari total yang di dapat dikalikan 5 jiwa. Anggaran untuk pengadaan dan penyaluran bantuan beras dimaksud dibebankan kepada APBD Kabupaten/Kota. Adapun Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah menerima Program Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) tidak boleh menerima bantuan ini.

3. Melakukan verifikasi data dan validasi data calon penerima bantuan dampak COVID-19 dan hasil pendataan disampaikan ke Dinas Sosial Provinsi untuk direkap.

baca juga: Belajar Daring Tak Efektif di Siberut, Kendala Internet, Guru dan Siswa Tak Punya Smartphone

4. Menugaskan pilar-pilar sosial seperti Pendamping PKH. TKSK, PSM dll yang diusulkan dan ditetapkan untuk membantu Gugus Tugas COVID-19.

5. Menyurati dan berkoordinasi dengan Bulog serta Dinas Pangan Sumbar terkait dengan mekanisme penyaluran cadangan beras kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebagai tambahan informasi pada saat ini Pemprov Sumbar telah menyiapkan cadangan beras sebanyak 1700 ton

baca juga: Rumah Ibadah Akan Dibuka Secara Bertahap di Daerah Zona Hijau

Demiklan disampakan. untuk dapat segela dilaksanakan, dan atas kerjasamanya diucapkan terima kasih. (*)

[Hms-Sumbar]

Editor: Joni Abdul Kasir