Sempat Ditolak, Akhirnya Warga di Pessel Ini Setuju Rusunawa Jadi Tempat Isolasi

Direktur Sutarman berikan pemahaman pada warga, setelah hasil kesepatan didapati
Direktur Sutarman berikan pemahaman pada warga, setelah hasil kesepatan didapati (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Masyarakat Kampung Muaro, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan -Sumatera Barat akhirnya menyetujui rumah susun sewa (Rusunawa) yang berlokasi di kampung itu, jadi tempat isolasi pasien terdampak COVID-19.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Pessel , Rinaldi mengatakan, kesepatakan itu didapat setelah pemkab dan masyarakat bermusyawarah dengan duduk bersama.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

Dengan catatan, pemkab harus mambuat batas lokasi isolasi dengan pagar seng. Selain itu, warga juga meminta masker dan penyemprotan disinfektan dari pemkab.

"Ya, itu kesepakatan antara pemerintah daerah dengan warga di sekitar Rusunawa saat pertemuan tadi," ungkapnya kepada pada wartawan di Painan, Minggu, 29 Maret 2020.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

Setelah mendapati kesepakatan, kata Rinaldi, lokasi isolasi bakal dimulai pada Senin, 30 Maret 2020. Warga berstatus ODP yang bakal diisolasi di Rusunawa tercatat 61 orang, bukan yang berstatus PDP.

Dijelaskan, Rusunawa memiliki kapasitas 42 ruangan, dengan 84 kamar. Secara teknis, lokasi isolasi bakal mendapat pengawalan secara ketat dari Satuan Polisi Pamong Praja dan aparat kepolisian.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 6 Juni, 54,37 Persen Pasien Dinyatakan Sembuh

Sedangkan, untuk PDP yang akan diisolasi merupakan ASN yang pernah kontak langsung dengan seorang pasien positif Virus corona. Dan, untuk pertimbangan, pemerintah daerah tetap memberi pilihan bagi warga berstatus ODP yang akan diisolasi.

"Nanti apakah mengikuti isolasi di Rusunawa atau memilih isolasi mandiri di rumah. Tapi itu nanti tergantung dari kondisi mereka melalui pemeriksaan medis," terangnya.

baca juga: Pulang dari Jakarta, Seorang Warga Sungai Geringgiang Pariaman Positif COVID-19

Sebelumnya, masyarakat menolak Rusunawa di Kampung Muaro Nagari Painan Selatan dijadikan sebagai tempat isolasi. Penolakkan itu diwarnai dengan aksi demonstrasi warga.

Alasan mereka menolak, karena belum mendapat kepastian dan sosialisasi dari pemerintah setempat terkait keamanan. Karena memang menurut mereka, Rusunawa area padat penduduk. Bahkan, terdapat satu unit Taman Kanak-Kanak (TK).



Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera