Petugas Medis di RSAM Bukittinggi Terpapar COVID-19

Tim kesehatan di RSAM Bukittinggi yang menangani pasien COVID-19
Tim kesehatan di RSAM Bukittinggi yang menangani pasien COVID-19 (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Tenaga medis di Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi, mulai terpapar dalam penanganan pasien COVID-19. Hal itu diungkapkan oleh Wakil ketua tim siaga COVID-19 Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, dr Dedy Herman, Minggu, 29 Maret 2020.

"Ada beberapa petugas kesehatan yang terpapar karena kontak langsung dengan pasien. Untuk menghindari kontak langsung, kita membutuhkan APD lengkap dan baju hazmat serta perlengkapan lainnya," katanya.

baca juga: Kadis Perdagangan Padang: Kita Ingin Tes Swab hingga 2000 Orang

Ia mengatakan saat ini semua petugas medis sangat was-was karena tak adanya APD. "Langkah yang akan diambil jika terpapar yakni rapid test atau kalau Rontgen pcr nya positif, maka petugas akan diisolasi mandiri dan diberi obat. Namun karena rapid testnya sedikit, maka tidak semua kita akan melakukan itu sekarang," tuturnya.

Dokter spesialis paru ini berharap APD segera datang dan bisa digunakan oleh petugas medis dalam menangani pasien COVID-19. "Kita berharap donasi APD dari masyarakat, komunitas dan pemerintah segera datang sehingga kita juga tenang dalam menjalankan tugas," jelasnya.

baca juga: Rumah Sakit Yang Akan Dijadikan Rujukan COVID-19 di Mentawai Rusak Parah

Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendonasikan APD ke pihak rumah sakit sehingga sampai hari ini. Untuk Anda yang ingin mendonasikan APD ke RSAM Bukittinggi, bisa menghubungi nomor kontak Indra Sonny di 08126708253. (*)

Editor: Fitria Marlina