Implementasikan Physical Distancing, Polres Payakumbuh Sediakan Layanan Besuk Online

Ilustrasi
Ilustrasi (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sebagai salah satu bentuk dari implementasi physical distancing atau jaga jarak yang menjadi arahan pemerintah pusat, Polres Payakumbuh memberlakukan besuk online untuk para tahanannya.

Kasat Tahanan Dan Barang Bukti (Tahti) Polres Payakumbuh , IPTU. Maisir mengatakan, jadwal besuk tahanan online tetap sama seperti jadwal besuk tatap muka, yaitu Selasa, Kamis dan ditambahkan Minggu dari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB.

baca juga: BNNK Payakumbuh Gelar Peringatan Hari Pancasila Secara Online

"Di ruang tahanan tersedia tiga unit handphone yang disusun dengan jarak aman lebih dari 1 meter. Pembesuk dapat menggunakan layanan ini baik melalui website Polres Payakumbuh ataupun aplikasi Polisiku Polres Payakumbuh ," kata IPTU. Maisir.

Ia menambahkan, untuk bisa melakukan besuk online, pengunjung wajib mengisi formulir pendaftaran dengan memasukkan data nama, alamat, nomor handphone, nama tahanan yang akan dibesuk, hubungan dengan tahanan, tentukan waktu besuk sesuai jadwal besuk online, dan kiirmkan foto KTP.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 2 Juni, Berikut Rincian 7 Penambahan Positif dan 5 Sembuh

"Dari situ, petugas akan menghubungi pembesuk sesuai urutan pendaftaran dengan mengirimkan link video call aplikasi zoom atau langsung menggunakan fitur video call via WhatsApp," jelasnya.

Kapolres Payakumbuh , AKBP. Dony Setiawan mengatakan, meskipun ada instruksi untuk menjaga jarak bukan berarti ikatan sosial tahanan dengan keluarganya menjadi putus.

baca juga: Telah Lakukan Suntik Meningitis, Keberangkatan 251 CJH Asal Payakumbuh Ditunda ke 2021

"Itu adalah hak dasar tahanan, kebutuhannya untuk berkomunikasi dengan keluarga juga perlu dipenuhi. Mereka bisa saling menguatkan satu sama lain apalagi di tengah merebaknya wabah Corona saat ini," kata AKBP Doni.

Dikatakannya, besuk online yang diberlakukan juga cukup diapresiasi tahanan yang tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di tengah semakin mewabahnya COVID-19.

baca juga: Kabar Baik, Satu Lagi Pasien Asal Lima Puluh Kota Sembuh COVID-19

"Mereka senang dan berterima kasih atas layanan yang kami berikan," pungkasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat