Setelah Dua Orang Positif COVID-19, Jumlah Notifikasi dan ODP di Pessel Bertambah

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Seiring bertambahnya satu pasien positif, jumlah orang berstatus notifikasi dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19 di Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat meningkat, Senin 30 Maret 2020.

Hal ini terlihat, setelah Bagian Humas dan Protokoler Pemerintah daerah setempat mengeluarkan siaran pers. Peningkatan notifikasi menjadi 1.139 orang, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 107 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih tetap 3 orang, dan positif sebanyak 2 orang.

baca juga: Pasien Sembuh COVID di Pessel Bertambah Dua Orang, Total Jadi 15 Orang

"Ini keadaan, Senin 30 Maret 2020 pukul 13. 00 WIB. Untuk pasien yang positif dua orang, di rawat di M. Djamil Padang," tegas Kabag Humas dan Protokoler, Rinaldi melalui hasil siaran pers yang diterima KLIKPOSITIF , Senin 30 Maret 2020.

Sedangkan, untuk kondisi Minggu 29 Maret 2020, jumlah orang dengan status notifikasi 897 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 103 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih sama 3 orang, dan 1 pasien positif dirawat di M. Djamil Padang.

baca juga: Hanyut di Bendungan Lesung Air, Seorang Remaja Pessel Ditemukan Meninggal

Ia menjelaskan, sesuai dengan adanya kasus nomor dua dari Pesisir Selatan , pihaknya saat ini telah mengerahkan Tim Gugus Tugas COVID-19. Selain menelusuri, siapa saja yang pernah kontak dengan pasien, juga mengambil langkah isolasi untuk penanganan secepatnya.

Sementara untuk pasien, nomor satu dikatakan sampai saat ini masih dalam kondisi baik, bahkan dikatakan perubahan kesehatan jau lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

baca juga: Lama di Rumah Akibat Pandemi, Guru di Pessel Kembali Bertugas ke Sekolah

"Pasien menyampaikan bahwa kondisinya sudah berangsur baik. Dalam kesempatan itu bupati juga memberikan motivasi agar tetap sabar terus bersemangat, sesuai hasil video call bupati dengan yang bersangkutan minggu kemarin," terangnya.

Sementara itu, untuk penanganan COVID-19 di daerah itu, Pemkab terus melakukan langkah preventif. Selain, melakukan penyemprotan disinfektan secara massal dengan menurunkan lima mobil pemadam kebakaran. Bupati Pesisir Selatan , juga telah menginstruksikan camat dan wali nagari terus melakukan sosialisasi tentang larangan melakukan kegiatan melibatkan orang banyak.

baca juga: 42 Hasil Tes Warga di Pessel Dinyatakan Negatif, 38 Orang Masih Menunggu

Bahkan, berkaitan dengan pembatasan selektif di daerah perbatasan, Pemkab Pesisir Selatan , kini sudah menyiapkan lokasi karantina sementara yaitu di batas Bengkulu bertempat di SMKN 1 Silaut dan di Batas Jambi disiapkan di SDN 04 Sako. Dan untuk warga status orang dalam pemantauan( ODP), Senin ini sudah mulai masuk ruang karantina di Rusunawa Painan Selatan.

Diketahui, bertambahnya satu pasien positif COVID asal Pessel , itu setelah dibenarkan Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar Jasman Rizal, Senin pagi.

Menurutnya bertambahnya, satu pasien positif asal Pessel , total pasien positif COVID-19 di Sumbar pagi itu 9 orang, dengan rincian, 6 dirawat, 2 isolasi dari rumah dan 1 meninggal.

Catatan Redaksi : Bagi anda warga Kabupaten Pesisir Selatan yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, hubungi Call Center COVID-19 Kabupaten Pesisir Selatan , di nomor 081266356199. Sedangkan update data COVID-19 di Pesisir Selatan , silakan dibuka di https://covid19.pesisirselatankab.go.id

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi