LBH Sumbar Minta Anggaran Proyek di Pessel Ini Dialihkan untuk Tangani COVID-19

PESSEL , KLIKPOSITIF -Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sumatera Barat memita Bupati Pesisir Selatan untuk mengalihkan anggaran pembangunan masjid terapung di daerah itu untuk penanganan COVID-19. Proyek Rp27,5 miliar itu dinilai lebih efektif digunakan untuk menambah anggaran COVID-19.

Direktur Eksikutif LBH Sumbar, Zentoni mengungkapkan, hal itu seiring dengan meningkatkan jumlah orang yang terdampak COVID-19 di daerah itu. Karena, dengan pembiayaan senilai Rp11 miliar, yang sebelum ditetapkan Rp2,6 miliar dikhawatirkan belum memadai.

baca juga: Kadis Perdagangan Padang: Kita Ingin Tes Swab hingga 2000 Orang

"Salah satu alternatifnya, LBH Sumbar meminta bupati dan DPRD Pesisir Selatan untuk bisa mengalihkan dana pembangunan masjid terapung untuk penanggulangan COVID-19. Karena anggaran itu cukup besar," terangnya kepada KLIKPOSITIF , Senin 30 Maret 2020.

Ia menjelaskan, dalam kondisi saat ini, Pemkab Pessel harus lebih memprioritaskan kebutuhan untuk penanganan COVID-19. Apalagi, anggaran mencapai Rp27,5 miliar, jadi akan lebih efektif untuk menutupi segala kekurangan.

baca juga: Rumah Sakit Yang Akan Dijadikan Rujukan COVID-19 di Mentawai Rusak Parah

"Karena yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini adalah penanggulangan Covid 19 , dan bukan pembangunan masjid terapung," terangnya.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi mengungkapkan, untuk pertimbangan penyediaan anggaran COVID-19 di Pessel , Pemkab kembali diperbaharui dengan total Rp11 miliar, yang sebelumnya Rp2,6 miliar dan akan segera dibahas bersama DPRD setempat.

baca juga: Kluster Pasar Raya Padang Telah Lakukan Tes Swab kepada 1772 Orang

"Awalnya Pemkab baru menyediakan Rp2,6 miliar, kemudian dilakukan penambahan sehingga kini total menjadi Rp11 miliar. Dalam waktu dekat pemkab akan berkoordinasi dengan DPRD," tutupnya melalui siaran pers yang diterima KLIKPOSITIF , Minggu 29 Maret 2020 lalu.

Selain soal anggaran, terkait pengananan COVID-19 di Pesisir Selatan, LBH Sumbar sebelumnya juga meminta Pemkab Pessel untuk memanfaatkan gedung RSUD baru jadi lokasi isolasi orang terdampak COVID-19. Sebab, dinilai letak gedung RSUD baru yang saat ini sedang terbangkalai cukup jauh dari padat penduduk.

baca juga: Lama di Rumah Akibat Pandemi, Guru di Pessel Kembali Bertugas ke Sekolah

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera