ODP di Pasbar Tercatat 65 Orang, 5 Diantaranya Petugas Medis

Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Dinkes  Pasaman Barat, dr Gina Alecia
Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Dinkes Pasaman Barat, dr Gina Alecia (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Satuan Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat memcatat jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Corona Virus Disease (COVID-19) terus bertambah didaerah itu.

"Hingga Selasa ( 31/3/2020 ) siang ini, jumlah ODP sudah mencapai 65 orang. Namun 5 orang diantaranya merupakan petugas medis," sebut Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Dinkes Pasaman Barat, dr Gina Alecia saat dihubungi KLIKPOSITIF .

baca juga: Periksa 593 Spesimen, Kasus Positif COVID-19 Sumbar Bertambah 9 per 3 Juni

Ia mengatakan, para ODP ini merupakan pelaku perjalanan dan terus dipantau perkembangan kesehatannya. Sedangkan untuk lima petugas medis yang masuk ODP, karena melakukan pertemuan dalam satu ruangan dengan seorang yang positif corona di Pessel.

"Mereka ini ikut pertemuan dengan seorang yang dinyatakan positif di Pessel itu. Satu orang dari empat ODP petugas medis ada melakukan kontak berat dan beresiko tinggi, sedangkan yang empat ODP lainnya beresiko rendah," katanya.

baca juga: Gubernur Sumbar Sampaikan Nota Pengantar Terhadap Ranperda 2019 Secara Virtual

Ia menjelaskan, sedangkan untuk satu orang ODP yang melakukan kontak berat dengan seoranh yang dinyatakan positif corona di Pessel itu, telah dilakukan pemeriksaan swab dan sedang menunggu hasil.

Lanjutnya, untuk penanganan terhadap para ODP yang ada di pasbar , masih dilakukan isolasi mandiri dirumah masing-masing dan semua nya dalam keadaan sehat. Meski jumlah ODP terus bertambah, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau suspect, dan positif, belum ada.

baca juga: Persiapan New Normal Pasar Raya Padang

Disamping itu ia berharap bagi warga yang pulang kampung, hendaknya melapor dan melakukan cek kesehatan serta monitoring mandiri di rumah selama 14 hari.

"Jika demam segera melapor ke tenaga kesehatan," harapnya.

baca juga: Dokter: Kalau Mau Terapkan New Normal, Masyarakat Harus Cerdas

Ia menambahkan, sejak berdirinya posko pemeriksaan dan pendataan terhadap warga yang masuk di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), tercatat lebih dari 1.000 orang yang masuk dari berbagai luar daerah .

"Data pasti belum direkap, namun warga yang masuk ke Pasaman Barat sudah lebih dari 1.000 orang," imbuhnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Dinkes Pasaman Barat, dr Gina Alecia mengatakan, jumlah ODP di Kabupaten Pasaman Barat pada Senin (30/3/2020) masih berjumlah 61 orang.

Catatan Redaksi: Bagi anda warga Kebupaten Pasaman Barat yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, hubungi Call Center COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat di nomor 081363206072, 081396045210, 081219074430 dan 085263011244.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri