Di Tengah COVID-19, Anggota DPRD Pessel Ini Ikut Terjun Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Ikal Jonedi (kirim) saat akan memulai penyemprotan bersama PJ Wali Nagari Surantih, Iwal di nagari setempat
Ikal Jonedi (kirim) saat akan memulai penyemprotan bersama PJ Wali Nagari Surantih, Iwal di nagari setempat (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Masa darurat COVID-19, saat ini membuat seluruh pihak ikut memberikan rasa kepedulian terhadap virus yang sudah menjadi pandemi tersebut.

Berbagai upaya pun dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain kelompok masyarakat, kepedulian itu juga ditunjukan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Pesisir Selatan .

baca juga: Pasien Positif 11 Asal Tanah Datar Dinyatakan Sembuh COVID-19

Ikal Jonedi merupakan anggota DPRD Dapil III (Sutera-Lengayang) terjun langsung ke tengah masyarakat bersama wali nagari untuk mengedukasi masyarakat cara melakukan penyemprotan disinfektan.

"Ya, karena kita harus lebih awal memulai. Upaya pemutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini benar-benar maksimal, sampai pandemi daerah dan negera kita aman," ungkap Ikal Jonedi di sela kegiatan penyemprotan disifektennya bersama masyarakat di Kecamatan Sutera, Selasa 31 Maret 2020.

baca juga: Bertambah 5, Total Sembuh Corona Sumbar Capai 277 per 3 Juni

Pantauan KLIKPOSITIF , kegiatan Ikal-sapaan Ikal Jonedi bersama masyarakat ini dilaksanakan sejak pagi. Dengan turun langsung ke lapangan, ia ikut menyandang jeriken disinfektan ke lokasi yang menjadi sasarannya.

"Mulai dari tempat keramian pasar, tempat ibadah. Hingga ke rumah warga, dan warung-warung yang biasa menjadi tempat berkumpul orang banyak. Pokonya, tempat yang bersifat ada keramian dan sering dikunjungi warga, kita lakukan penyemprotan," terangnya.

baca juga: Periksa 593 Spesimen, Kasus Positif COVID-19 Sumbar Bertambah 9 per 3 Juni

Ia berharap, selain pemuda dan tokoh masyarakat yang ikut bersama, masyarakat lain di luar sana juga ikut melihatkan semangat untuk memutuskan mata rantai pademi ini.

"Mari kita bersama-sama mengajak, baik pemerintah nagari serta pemuda dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 hari ini," ujarnya.

baca juga: Belajar Dari Pasar Raya Padang, Swab Tes Akan Dilakukan Terhadap Ratusan Pedagang Pasar Payakumbuh

Kesempatan itu, PJ Wali Nagari Surantih, Iwal mengaku, dengan adanya andil anggota DPRD setempat ikut mendorong semangat warga melakukan penyemprotan. Apalagi, kehadirannya juga membantu peralatan yang dibutuhkan.

"Alhamdulillah, kita sangat berterima kasih, dan masyarakat juga berterima kasih. Sebab, penyemprotan dilakukan secara merata, hingga ke sudut rumah sekaligus," terangnya.

Selain Ikal, Dijelaskan Iwal, sejumlah personel TNI dan kepolisian, kecamatan, hingga tokoh masyarakat dan pemuda juga membantu aksi tersebut. Bahkan, dikatakan aksi itu akan dilakukan sampai tiga hari ke depan.

"Semoga upaya kita ini bisa menghindar kita dari COVID-19. Apalagi ditengah sudah adanya yang terdampak positif," jelasnya.

Selain aksi nyata, kesempatan itu, Ikal Jonedi juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Setidaknya, melakukan aktivitas yang membuat imun tubuh stabil, serta mengosumsi makanan sehat dengan teratur.

"Termasuk juga menerapkan pola sehat, seperti membiasakan mencuci tangan dan menghindari kerumunan keramian. Dan jika ada gejala cepat lapor ke tempat-tempat kesehatan terdekat," tutup Ikal.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera