Siapkan Langkah Stimulan Untuk Hadapi Dampak Sosial dan Ekonomi COVID-19, Ini Anggaran yang Dibutuhkan Pessel

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi
Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mempersiapkan langkah stimulan untuk mencegah terjadinya dampak sosial dan ekonomi terhadap masyarakat kecil dan menengah akibat penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi mengakui, untuk menyiapkan hal tersebut, saat ini pihaknya tengah mendata warga yang terhitung membutuhkan dan mengkaji anggaran yang dibutuhkan.

baca juga: Kodim 0306/50 Kota Renovasi 10 Rumah Veteran dan Warga Miskin di Suliki

Ungkapnya, saat ini untuk membuat langkah stimulan itu, pihaknya masih membahas ditingkat internal Pemkab, dan dikalkusikan anggaran yang dibutuhkan bisa mencapai dikisaran Rp50 hingga Rp60 miliar.

"Sudah ada, saat ini sedang dihitung. Perkiraan kemarin, kalau termasuk penyedian stimulan ini, kita butuh anggaran kisaran Rp50 hingga Rp60 miliar ditambah dengan anggaran untuk penanganan COVID-19," ungkapnya saat menjawab pertanyaan KLIKPOSITIF melalui via telpon, Selasa 31 Maret 2020.

baca juga: Longsor Hantam Rumah di Sariek Alahan Tigo, Dua Orang Meninggal

Ia menjelaskan, sebagai langkah awal saat ini, Pemkab sudah menginstruksikan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemerintah ditingkat terendah untuk melakukan pendataan penduduk yang layak menerima bantuan.

Sesuai kategori, katanya stimulan yang disepakati Pemkab akan diberikan kepada warga yang membutuhkan, mulai dari buruh tani, tukang ojek, sopir angkutan, pedagang kecil, dan masyarakat berekonomi rendah lainnya.

baca juga: 22 dari 29 Pasien Positif COVID-19 di RSAM Dinyatakan Sembuh

"Data itu berbasis NIK dan fotokopi KK. Karena belum ada, jadi OPD diperintahkan untuk mengulang kembali. Salah satunya, untuk menimalisir duplikasi warga yang akan menerima," terangnya.

Sementara, hingga Selasa ini, Pemkab Pessel masih terus meng-update data orang terdampak COVID-19. Data notifikasi tercatat 1.502, ODP 142, PDP 3, Positif 2, Negatif 3 orang dan meninggal masih 0.

baca juga: Diduga Sebarkan Gambar dan Pesan Hoaks Puan Maharani, Ketua DPRD Pasbar Dipolisikan

Sedangkan untuk tindaklanjut, ia mengakui Pemkab masih terus melakukan penelusuran yang orang kontak dengan pasien nomor 2, pihaknya sudah menetapkan sebanyak 57 orang sebagai notifikasi.

"Dan saat ini sudah menjalani isolasi, ada yang memilih di rumau dengan mandiri dan ada juga yang ditempati di lokasi isolasi yang sudah kita sediakan," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri