Wali Kota Sebut Rumah ODP COVID-19 di Payakumbuh Akan di Pasang Stiker

Wali Kota Payakumbuh menerima bantuan APD dari HBT Cabang Payakumbuh Peduli.
Wali Kota Payakumbuh menerima bantuan APD dari HBT Cabang Payakumbuh Peduli. (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -

Tim Gugus Penanganan COVID-19 Kota Payakumbuh lakukan penyemprotan massal di beberapa ruas jalan utama di Payakumbuh, Selasa 31 Maret 2020.

Sebanyak lima rute jalan dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona .

baca juga: Rumah Ibadah Akan Dibuka Secara Bertahap di Daerah Zona Hijau

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan dirinya bersama Forkopimda dan tim gugus penganan COVID-19 tidak sanggup memerangi itu semua tanpa dukungan masyarakat. Ia menyebutkan selain menyemprotkan disinfektan untuk membunuh virus, ia juga ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Berapa pun kami lakukan penyemprotan disinfektan ini, tidak akan ada gunanya kalau masyarakat tidak patuh. Pasalnya, untuk memerangi ini semua perlu dukungan berbagai pihak, terutama masyarakat untuk tetap tidak keluar rumah kalau tidak perlu dan marilah sama-sama kita jaga," kata Wali Kota Payakumbuh didampingi Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan.

baca juga: Masjid di Tanah Datar Mulai Laksanakan Salat Jumat

Selain penyemprotan di ruas jalan utama, ia juga menginstruksikan BPBD, Satpol PP, dan Damkar untuk memperhatikan tempat-tempat rawan potensi penyebaran COVID-19 ini. Salah satunya dikatakan Riza adalah kamar-kamar warga binaan di Lapas Payakumbuh.

"Sebelumnya telah dilakukan juga penyemprotan di tempat atau fasilitas umum yang ada di Kota Payakumbuh seperti musala, masjid, sekolah, dan tempat lainnya. Kemudian sebagai penanda adanya ODP atau orang yang baru datang dari daerah terdampak," kata Riza Falepi.

baca juga: Positif Covid-19, BM Sempat Mengikuti Rapat di Kantor Bupati dan DPRD Solsel

Ia menjelaskan kalau bisa di Payakumbuh tidak ada yang positif. Namun saat ini yang banyak adalah pelaku perjalanan sebanyak 1.160 orang dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 105 orang, serta negatif 1 orang.

"Nantinya untuk warga yang ODP rumahnya nanti akan ditempel stiker. Tapi nanti yang kena stiker jangan takut karena ini demi kebaikan kita bersama. Kemudian baliho juga sudah dicetak terkait informasi COVID-19 dan tugas kita adalah mengingatkan kepada yang baru datang untuk lakukan Isolasi diri," ujarnya.

baca juga: Setelah Diambil Sampel Swab ASN Solsel Dilarang Keluar Rumah

Sebagai kepala daerah , ia meminta semua pihak kerjasama dalam mendukung pemerintah memerangi COVID-19. Pihaknya juga membuka seluas-luasnya bantuan langsung, seperti HBT yang telah menyumbangkan langsung APD untuk melengkapi kebutuhan yang ada saat ini.

"Sekarang saat ini yang tengah dipikirkan adalah dampak sosial ekonomi masyarakat. Diimbau kita semua untuk menumbuhkan sifat kesetiakawanan sosial. Dimana kami tengah membuat rekening khusus bagi warga terdampak khususnya yang harus kerja harian dan terpaksa di rumah aja dalam situasi ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Pemko Payakumbuh juga menerima bantuan dari HBT Cabang Payakumbuh Peduli berupa Alat Pelindung Diri (APD). Tercatat sebanyak 30 buah APD Ponco Suite, Handscoon sarung tangan 3.000 buah, dan masker biasa 2.000 buah.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri