Pilkada Belum Pasti. Bawaslu Solsel Berhentikan Sementara Panwaslucam dan PKD

Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar
Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar (Kaka)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Badan pengawas pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Solok Selatan ( Solsel ) memberhentikan sementara Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) dan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) atau Nagari (Desa Adat di Sumatera Barat)

"Pemberhentian sementara panitia ad hoc Panwaslucam dan PKD atau pengawas nagari ini berlaku terhitung sejak tanggal 31 Maret 2020," kata Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar

baca juga: ini Syarat Salat Idul Fitri Berjamaah di Solsel

Dia menyebutkan pemberhentian tersebut tertuang dalam surat keputusan Ketua Bawaslu Solsel Nomor 08 dan 09 tentang Pemberhentian sementara Panwaslucam dan PKD dalam rangka Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

"Pemberhentian ini dilakukan karena tahapan pilkada ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan disebabkan terjadinya bencana Nasional Virus COVID-19," katanya.

baca juga: Polda Sumbar Tangkap 3 Penambang Emas Ilegal di Solsel, Kabid Humas: Pelaku Utama DPO

Dia melanjutkan selama pemberhentian sementara itu, honorarium Panwaslucam tidak dibayarkan terhitung satu April 2020 dihentikan.

"Honorarium Panwaslucam atas put kerja di bulan Maret 2020 tetap dibayarkan, sedangkan PKD karena dilantik diatas tanggal 14 maret, honorarium mereka belum dibayarkan," katanya.

baca juga: Ketua Komisi II DPRD Minta Dinsos Solsel Segera Salurkan Bantuan dari Perusahaan

Dia melanjutkan untuk operasional sewa kantor, sewa peralatan kantor dan sewa daya tetap dibayarkan.

Pemberhentian sementara panitia ad hoc ini katanya, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

baca juga: DPD Golkar Solsel Salurkan Ribuan Nasi Kotak dan Takjil bagi Masyarakat

"Batas waktunya pemberhentian sementara belum ditentukan, untuk diaktifkan kembali menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan petunjuk lebih lanjut dari Bawaslu RI," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Eko Fajri