Seniman Padang Pariaman Buat APD untuk Didonasikan ke Tiga RSUD

Penyerahan APK ke pihak RSUD
Penyerahan APK ke pihak RSUD (Ist)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Seniman di Kabupaten Padang Pariaman , ikut andil dalam menepis penyebaran COVID-19 di kabupaten tersebut. Para seniman bersama tim PKK Nagari Balah Hilia bahu membahu membuat Alat Pelindung Diri (APD).

Diketahui juga, APD tersebut akan didonasikan untuk 3 RSUD di Padang Pariaman dan Pariaman . "Iya, ini bentuk aksi dari kawan-kawan seniman . Kami rancang desainnya sementara itu ibu-ibu PKK yang menjahit. APD yang dibuat adalah bentuk jaket Hazmat dan dibagikan ke RSUD yang ada di Padang Pariaman dan Kota Pariaman ," ungkap Muhammad Fadli, Ketua Forum Batajau Seni Piaman, Rabu 01 Maret 2020.

baca juga: Pelaku Pencurian dengan Kekerasan di Padang Pariaman Ditangkap di Jambi

Lebih lanjut Fadli mengatakan, saat ini sudah belasan baju atau jacket Hazmat yang selesai dibuat. "Dan itu telah kami serahkan untuk RSUD Pariaman , RSUD Sadikin dan RSUD Padang Pariaman ," sebut Fadli.

Tidak hanya baju APD saja yang dibuat oleh seniman tersebut. Mereka juga membuat pelindung wajah untuk para medis. "Pelindung wajah tersebut telah kami serahkan untuk petugas di puskesmas Lubuak Alung," ungkapnya.

baca juga: Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

Menurutnya pihak medis yang menangani kasus virus Corona harus benar-benar diperhatikan. "Paramedis atau petugas kesehatan merupakan garda terdepan di masa wabah COVID-19. Dengan APD yang ada tentu bisa menjadi pelindung diri bagi mereka. Donasi untuk pembuatan APD didapat dari sumbangan beberapa pengusaha yang peduli dengan kesehatan petugas medis. Sedangkan ibu ibu PKK yang menjahit merupakan relawan," kata Fadli.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani