Korban Jiwa Akibat Corona di AS Capai Empat Ribu Jiwa Lebih

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Korban jiwa akibat virus corona di Amerika Serikat telah melampaui angka 4.000 ribu. Data itu dirilis oleh Universitas Johns Hopkins pada Rabu, 1 April pagi.

Dilansir dari Kantor Berita Anadolu, Rabu, penghitungan berjalan universitas itu menghitung terdapat 4.076 kematian dan 189.618 kasus saat AS berjuang untuk mengekang wabah. Tanda baru datang beberapa jam setelah Presiden Donald Trump memperingatkan bahwa dua minggu ke depan akan menjadi kondisi "sangat menyakitkan" di AS dalam hal kematian akibat virus corona .

Berbicara di Gedung Putih, Presiden Trump mendesak warga Amerika untuk bersiap menghadapi "hari-hari sulit di depan," dua hari setelah mengatakan bahwa menahan kematian COVID-19 AS antara 100.000 hingga 200.000 akan menjadi "pekerjaan yang baik."

baca juga: Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

"Saya ingin setiap orang Amerika dipersiapkan untuk hari-hari sulit yang terbentang di depan," katanya. "Kita akan melalui dua minggu yang sangat sulit. Ini akan menjadi dua minggu yang sangat, sangat menyakitkan," Trump menekankan.

Selama briefing, Dr. Deborah Birx, dokter yang memimpin tim respon coronavirus novel Gedung Putih, mempresentasikan model untuk jumlah potensial kematian akibat penyakit di AS.

baca juga: Perangi Rasisme, Michael Jordan Donasikan Rp 1,4 Triliun

Ini menunjukkan bahwa antara 100.000 dan 240.000 orang dapat mati jika AS mengikuti pedoman sosial dan kesehatan masyarakat. Sementara tanpa intervensi apa pun, model ini menunjukkan 1,5 hingga 2 juta kematian di negara tersebut.

Editor: Ramadhani