Pemuda Kota Solok Ini Rancang Bilik Disinfektan Berbiaya Murah

Mora Afdal menjelaskan sistem kerja bilik disinfektan yang dirancangnya
Mora Afdal menjelaskan sistem kerja bilik disinfektan yang dirancangnya (Klikpositif)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Tingginya ancaman virus Corona menggerakkan pemuda asal kota Solok Sumatra Barat untuk mendesain bilik disinfektan otomatis berbiaya murah. Bahan-bahan yang digunakan terbilang mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau.

Adalah Mora Afdal (34), warga kota Solok yang mendesain bilik disinfektan berbiaya murah tersebut. Dirinya tergerak untuk membuat bilik desinfektan seiring semakin tingginya ancaman penyebaran virus Corona di Sumatra Barat.

baca juga: Kadis Perdagangan Padang: Kita Ingin Tes Swab hingga 2000 Orang

Cara kerja bilik desinfektan yang dihasilkannya cukup sederhana. bahan-bahan yang digunakan hanya berupa motor pompa air, adaptor listrik, selang kompresor, spuyer semprot, dan bilik ukuran ukurannya sekitar 1x2,5 meter.

"Bahan-bahannya cukup mudah ditemukan, harganyapun terjangkau. Total untuk membuat satu bilik desinfektan hanya menghabiskan biaya sekitar Rp1 Juta rupiah, sudah lengkap semuanya," sebutnya saat menjawab KLIKPOSITIF , Rabu (1/4/2020).

baca juga: Kluster Pasar Raya Padang Telah Lakukan Tes Swab kepada 1772 Orang

Menurutnya, ide membuat bilik disinfektan berbiaya murah berawal dari gerakan yang dilakukan oleh sesama pengusaha Laundri yang ada di Indonesia, dari konsep tersebut didesain bilik dan bahan desinfektan berbiaya sangat murah.

"Ada kawan-kawan pengusaha Laundri yang membuat bilik disinfektan, ada yang membuat masker dan ada pula yang membuat disinfektan yang aman terhadap jenis kulit manusia," terangnya.

baca juga: Pemko Solok Bagikan Sembako Bagi Relawan

Dikatakannya, pihaknya siap untuk mengajarkan atau membuatkan bilik disinfektan pada siapa saja yang membutuhkan, terutama bagi pengurus-pengurus Mesjid dan tempat keramaian lainnya yang ingin memiliki bilik desinfektan sendiri.

"Kami siap membantu siapa saja yang ingin membuat bilik disinfektan, ini untuk sosial kemanusiaan, yang penting siapkan bahan-bahan yang akan digunakan akan kami buatkan," jelas pemilik Oke Laundry kota Solok tersebut.

baca juga: Diduga Hilang Kendali, Pedagang Jeruk Tewas Tabrak Truk Fuso Sedang Parkir di Pasbar

Kedepan, dirinya bersama tim tengah melakukan pengembangan bilik disinfektan untuk kendaraan. Nantinya bisa ditempatkan di daerah -daerah perbatasan, sehingga petugas tidak harus berjaga setiap malam untuk melakukan penyemprotan.

Bilik disinfektan yang dibuat Mora Afdal sudah mulai dipesan oleh sejumlah pihak karena dinilai lebih hemat dan cara kerjanya sangat sederhana. Kalau dibanding menggunakan kipas uap, jauh lebih murah. Bahkan, menjadi atensi dari Wakil Wali Kota Solok .

Pihaknya menyarankan pada masyarakat untuk menggunakan bahan disinfektan yang aman bagi kulit dan tubuh manusia. Bahan tersebut bisa diperoleh di berbagai tempat dengan memperhatikan rekomendasi dari pihak terkait.

Penulis: Syafriadi | Editor: Eko Fajri