Pilkada Pasbar Diundur, Dana Hibah Dialihkan untuk Penanganan COVID-19

Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis
Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Pasaman Barat mengundur pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pengunduran ini berdasarkan surat yang dikeluarkan KPU RI.

"Pengunduran Pilkada berdasarkan surat yang sudah dikeluarkan oleh KPU RI tentang penundaan Pilkada," sebut Ketua KPU Pasaman Barat , Alharis kepada wartawan, Rabu ( 1/4/2020 ).

baca juga: Terkait COVID-19, Dua Pegawai Lapas Terbuka Kelas II B Pasaman di Tes Swab

Ia mengatakan, penundaan pilkada ini meliputi pemilihan mulai dari tingkat provinsi, kabupaten dan kotamadya yang rencana sebelumnya akan dilakukan September tahun ini.

Lanjutnya, penundaan dilakukan akibat adanya wabah Corona Virus Disease ( COVID-19).

baca juga: Dua Pengedar Ganja Diamankan di Pasbar

"Ini terjadi bukan saja di Pasbar , namun seluruh Indonesia yang akan melakukan Pilkada. Penundaan masih menunggu regulasi dari pusat, apakah sampai Desember tahun ini atau bagaimana," kata Alharis.

Sementara Bupati Pasaman Barat , Yulianto menjelaskan, dengan adanya penundaan Pilkada, maka dana hibah yang sebelumnya diperuntukkan untuk Pilkada, akan dialihkan ke penanganan COVID-19.

baca juga: Penjelasan Ahli Epidemiologi Unand Terkait Positif COVID-19 Tanpa Riwayat Kontak dan Perjalanan

"Memang beberapa tahapan Pilkada sudah kita lalui, namun karena adanya wabah Virus Corona . Nah, terpaksa kita tunda, sesuai dengan instruksi pemerintah pusat," jelasnya.

Ia menambahkan, sedangkan untuk penanganan COVID-19 sudah diserahkan kepada Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona .

baca juga: Pemerintah Akan Terbitkan Protokol Kesehatan bagi Atlet

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera