Lapas Klas II B Payakumbuh Bakal Bebaskan 49 Narapidana Terkait COVID-19

Humas Lapas Payakumbuh Yondri saat menyerahkan berkas pembebasan kepada perwakilan narapidana.
Humas Lapas Payakumbuh Yondri saat menyerahkan berkas pembebasan kepada perwakilan narapidana. (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -

Menjalankan keputusan Kementerian Hukum dan Ham nomor M.HH-19.PK/01.04.04, Lapas Klas II B Payakumbuh bakal bebaskan sebanyak 49 Narapidana.

Pembebasan ini dilakukan atas dasar keputusan KemenkumHAM tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Kepala Lapas Klas IIB Payakumbuh Muhammad Kameily didampingi Humas Lapas Payakumbuh Yondri mengatakan untuk proses pembebasan telah dilakukannya sejak kemarin Rabu 1 April 2020 sebagai tahap pertama. Kemudian hari ini, Kamis 2 April 2020 akan ada 15 orang narapidana yang akan dibebaskan.

baca juga: Jemaah Lunas Bipih Berangkat Tahun Depan

"Pembebasan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan total 30 ribu dengan kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan. Salah satunya adalah napi yang memiliki hukuman penjara di bawah 5 tahun dan telah menjalani 2 per 3 dari masa hukumannya sebelum tanggal 31 Desember 2020," kata Kameily.

Ia menjelaskan selain harus berkelakuan baik, persyaratan lain adalah tidak termasuk dalam kasus terorisme, narkoba, dan tipikor. Kemudian untuk batas waktu pembebasan yang telah ditentukan oleh KemenkumHAM adalah maksimal sampai tanggal 7 April 2020.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

"Tujuan pembebasan ini adalah narapidana yang telah memenuhi persyaratan dapat melakukan isolasi mandiri di rumahnya dan tidak berkeliaran serta berada di tempat orang banyak. Kembalilah ke rumah masing-masing dan jagalah kesehatan serta semoga kita semua terhindar dari virus corona yang tengah mewabah ini," ujar Kalapas Payakumbuh.

Menurutnya, saat ini tercatat dalam sistem database Lapas Payakumbuh sebanyak 329 narapidana. Kemudian dengan akan dibebaskannya sebanyak 49 orang maka nantinya jumlah terakhir yang ada di Lapas Payakumbuh sebanyak 280 orang narapidana.

baca juga: Bersiap Menuju New Normal, Kafe di Padang Perketat Protokol Kesehatan Untuk Pengunjung

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri