Kabar Baik Bagi Perantau, Jokowi Rencanakan Geser Libur Idul Fitri

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo mewacanakan untuk mengganti hari libur nasional Idul Fitri di hari lain menyusul terjadinya pandemi Covid-19 atau virus corona baru.

Dalam rapat terbatas bersama menterinya,Jokowi mengatakan penggantian atau pergeseran hari libur itu merupakan salah satu skenario pemerintah untuk mengantisipasi arus mudik nanti.

baca juga: Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

Hal itu, kata dia, juga dilakukan untuk menenangkan masyarakat.

Selain itu, Jokowi menginginkan menterinya memberikan fasilitas arus mudik kepada masyarakat dan penggratisan tempat wisata di daerah pada pengganti hari libur nasional nantinya.

baca juga: Jemaah Lunas Bipih Berangkat Tahun Depan

"Ini bisa dibicarakan," kata, Rabu (2/4/2020).

Skenario lain untuk melakukan pembatasan pergerakan orang, Jokowi meminta adanya penerapan protokol kesehatan yang lebih tegas dan disiplin untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

"Dan kalau kita lihat dengan musim yang ada sekarang saya kira cuaca juga sangat mempengaruhi penyebaran Covid-19 ini," jelas dia.

Kemudian dia juga meminta adanya pelibatan pemerintah daerah dari tingkat kelurahan hingga desa agar para pemudik yang telah pulang dari Jabodetabek bisa dipantau sehingga melakukan isolasi mandiri.

baca juga: Ditanya Pernah Dukung Prabowo, Ini Jawab Ustaz Somad

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri