Presiden: Pekan Depan Harga Gula dan Bawang Kembali Normal

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan harga gulapasir pekan depan depan akan kembali ke harga normal yakni Rp 12.500.

Hal tersebut dikatakan Jokowi setelah mendapatkan laporan dari Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

baca juga: Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

"Sehingga mungkin gula , tadi Mentan sudah menyampaikan bahwa minggu-mingu depan harga akan turun pada kondisi normal lagi Rp 12.500," ujarnya.

Untuk diketahui, saat wabahVirus Corona , harga gula di pasaran mencapai harga Rp 14.000 hingga Rp 16.000 per kilogram, lantaran harga gula eceran saat ini di angka Rp 12.500.

baca juga: Jemaah Lunas Bipih Berangkat Tahun Depan

Tak hanya itu, Jokowi mengemukakan, berdasarkan laporan Menteri Perdagangan (mendag),harga bawangputih akan turun ke harga normal yakni Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu pada pekan depan. Ia berharap harga bawang putih bisa kembali normal pada minggu ini.

"Mendag juga menyampaikan kepada saya bahwa bawang juga sudah beberapa sudah masuk, dan kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu depan atau syukur minggu ini kembali ke harga normal Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu," ucap dia.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sudah mengecek gudang beras di Bulog dan di daerah -daerah yang panen raya. Kata Jokowi, harga daging, telur, gula, terigu dalam kondisi baik.

"Saya cek juga ke Bulog, saya cek juga ke daerah -daerah mengenai panen raya seperti apa, dan melihat beras daging telur, gula terigu dan lain-lain masih berada dalam kondisi baik."

baca juga: Bersiap Menuju New Normal, Kafe di Padang Perketat Protokol Kesehatan Untuk Pengunjung

Karena itu, ia meminta jajaran menteri terkait untuk mengecek ketersediaan bahan pokok di lapangan.

"Ini betul-betul dicek di lapangan ketersediaan bahan-bahan pokok," katanya.

Editor: Eko Fajri