Disperindag Sumbar Dorong Kabupaten/Kota Keluarkan Kebijakan Keringanan Sewa Toko

Kadis Perdagangan Sumbar Asben Hendri
Kadis Perdagangan Sumbar Asben Hendri (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Perdagangan Sumatera Barat (Disperindag Sumbar) mendorong bupati/walikota untuk memberikan keringanan sewa toko dan sejenak bagi pelaku usaha .

Dorongan tersebut didasari dari dampak wabah COVID-19 yang secara langsung berpengaruh kepada pelaku usaha .

baca juga: Sasar Pelaku UMKM Indonesia, Facebook, PayPal, Google dan Tencent Tanamkan Investasi di Gojek

"Kita sama - sama tahu dampak bagi pelaku usaha saat ini. Mereka walaupun tetap berjualan namun yang membeli tidak ada. Tentunya omset mereka menurun drastis, sementara beban yang harus ditanggung seperti sewa toko tetap jalan," ujarnya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Kamis, 2 April 2020.

Untuk itu karena kewenangan ada di kabupaten/kota, Asben mendorong bupati/walikota untuk membuat kebijakan agar pelaku usaha mendapatkan dispensasi dari pemilik toko.

baca juga: Disperindag Sumbar Fasilitasi Gugus Tugas Beli APD Pruduk IKM Lokal

"Pemkot Padang Panjang sudah mengusahakan agar penyewa toko bisa bayar 75 persen dan Pemkab Pessel menggratiskan pajak hotel dan restoran. kebijakan ini tentunya harus diikuti oleh kepala daerah yang lain," katanya.

Asben mengimbau kabupaten/kota untuk peduli terhadap pelaku usaha agar mereka tetap bisa bertahan dalam wabah COVID-19. Sehingga saat wabah telah selesai pelaku usaha ini yang bergerak di sektor perdagangan bisa memangku perekonomian.

baca juga: AS Coret Indonesia dari Daftar Negara Berkembang, Apa Dampaknya?

"Mari kita beri keringanan pelaku usaha seperti mereka yang menyewa lapak atau toko agar bisa bertahan ditengah wabah COVID-19 ini," tukasnya. (*)

[Hms-Sumbar]

baca juga: Pemerintah Akan Buat "Hotline" dari Sembilan Kementerian/Lembaga Antisipasi dampak Virus Corona

Editor: Joni Abdul Kasir