Masih Keluyuran, Orang Notifikasi COVID-19 di Solsel Didatangi Petugas

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Polsek Sangir Polres Solok Selatan datangi warga Notifikasi COVID-19.

"Kami dapat laporan warga yang baru pulang dari luar provinsi ini masih keluar rumah bahkan ke pasar," kata Babinkamtibmas Nagari Lubuk Gadang Bripka Tomi Yuda Timuriah

baca juga: Kadis Perdagangan Padang: Kita Ingin Tes Swab hingga 2000 Orang

Dia melanjutkan maksud kedatangan tersebut adalah untuk mengingatkan kepada warga tersebut agar mematuhi aturan isolasi di rumah selama 14 hari sejak kedatangannya.

"Saat ini, setiap warga yang baru datang atau pulang dari luar provinsi apalagi daerah terjangkit virus COVID-19 wajib mengisolasi diri sendiri di rumah selama 14 hari," katanya.

baca juga: Rumah Sakit Yang Akan Dijadikan Rujukan COVID-19 di Mentawai Rusak Parah

Katanya, aturan tegas akan dilakukan jika orang notifikasi selama masa-masa isolasi tersebut masih ke tempat keramaian.

"Sekarang kami sekedar mengingatkan, jika masih ketempat keramaian juga maka akan kami tindak sesuai Maklumat Polri," tegasnya.

baca juga: Kluster Pasar Raya Padang Telah Lakukan Tes Swab kepada 1772 Orang

Bidan Desa yang mendampingi Babinkamtibmas Riri Desmita mengatakan tujuan isolasi mandiri tersebut untuk memastikan orang notifikasi ini tidak terjangkit virus COVID-19.

"Selama 14 hari kami awasi dan kami pantau kesehatan mereka, terutama terhadap gejala virus seperti, flu, batuk dan sesak nafas," katanya.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 2 Juni, Berikut Rincian 7 Penambahan Positif dan 5 Sembuh

Dia mengharapkan kesadaran orang notifikasi COVID-19 untuk menjalani masa isolasi dirumah selama 14 hari.

"Jika tidak ada gejala virus selama 14 hari tersebut, orang notifikasi diizinkan kembali untuk berinteraksi dan keluar rumah," katanya.

Dia mengingatkan kepada setiap orang notifikasi COVID-19, untuk mematuhi aturan, sehingga jika terpapar tidak sampai menyebar ke orang lain.

"Patuhi aturan, selama dipantau berikan informasi yang jujur dan jangan disembunyikan, sehingga ketika ada gejala COVID-19 bisa cepat ditangani," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Rezka Delpiera