Ini Tempat Karantina ODP yang Disiapkan Pemda Pasbar

Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pasaman Barat, Edi Busti
Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pasaman Barat, Edi Busti (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), Sumbar, siapkan tempat untuk isolasi mandiri bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP). Tempat karantina ini, bagi ODP tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Sesuai kesepakatan bersama, gedung Balai Pendididikan dan Latihan Talu di Kecamatan Talamau, digunakan untuk isolasi mandiri," sebut Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pasaman Barat, Edi Busti kepada KLIKPOSITIF , Kamis (2/4).

baca juga: Kadis Perdagangan Padang: Kita Ingin Tes Swab hingga 2000 Orang

Ia mengatakan, gedung diklat disiapkan untuk isolasi mandiri untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Terhadap ODP yang akan dirawat nantinya, bagi ODP yang tidak bisa melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.

"Kita bersama Kapolres Pasaman Barat bersama instansi terkait telah meninjau gedung Diklat itu, untuk memastikan kelengkapan yang dibutuhkan," katanya.

baca juga: Kluster Pasar Raya Padang Telah Lakukan Tes Swab kepada 1772 Orang

Ia menjelaskan, dari hasil pemantauan sekitar 20 kamar tersedia permanan dan siap pakai. Untuk penambahan kamar, akan dibuatkan kamar tambahan dengan memanfaatkan ruangan yang ada dan Itu akan dibicaran secara teknis nantinya.

Lanjutnya, terhadap penentuan ODP dalam kategoti sedang, nantinya ditentukan oleh tim medis. Sedangkan untuk persoalan kebutuhan selama karantina, Pemkab Pasaman Barat akan menanggung sepenuhnya. Termasuk akan disediakan tim medis dan tim keamanan Polri dan TNI.

baca juga: Diduga Hilang Kendali, Pedagang Jeruk Tewas Tabrak Truk Fuso Sedang Parkir di Pasbar

"Tujuannya dibuatkan tempat isolasi ini adalah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Sehingga ODP untuk sementara tidak kontak dengan orang lain," katanya.

Ia menambahkan, terkait hal ini pihaknya akan menggelar rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah terkait teknis, biaya dan keamanan di lokasi karantina nantinya," imbuhnya.

baca juga: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Malaysia Hampir 82 Persen

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri