Komunitas Peduli Salurkan Donasi ke Panti Jompo Jasa Ibu Situjuah Batua

Komunitas Peduli Sosial Kemanusiaan Luak Limopuluah salurkan bantuan Dan donasi kepada Panti Jompo Jasa Ibu di Situjuah.
Komunitas Peduli Sosial Kemanusiaan Luak Limopuluah salurkan bantuan Dan donasi kepada Panti Jompo Jasa Ibu di Situjuah. (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Sejumlah aktivis peduli sosial kemanusiaan Luak Limopuluah salurkan bantuan ke Panti Jompo Jasa Ibu di Jorong Lakuang, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota , Kamis 2 April 2020.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Dewi, salah seorang pengelola Yayasan Jasa Ibu.

baca juga: Rumah Ibadah Akan Dibuka Secara Bertahap di Daerah Zona Hijau

Koordinator Komunitas Peduli Arya didampingi Aking mengatakan bantuan sosial yang diberikan tersebut berupa fasilitas tempat tidur, protein, susu kalsium, serta kebutuhan makanan para lansia penghuni Panti Jompo Jasa Ibu. Bantuan tersebut dikatakannya berasal dari hamba Allah yang dihimpun Komunitas Peduli Sosial Kemanusiaan Luak Limopuluah di sejumlah grup WhatsApp.

Kemudian Muhammad Bayu Vesky, salah seorang koordinator mengapresiasi para donatur yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kondisi ekonomi sosial masyarakat di sekitar.

baca juga: Begini Cara UMKM Binaan Pertamina Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

Menurutnya, adanya pemberian donasi atas dasar empati, setidaknya sudah meringankan beban orang-orang membutuhkan di Luak Limopuluah.

"Apalagi pada saat Pandemi COVID-19 saat ini, dampaknya tidak hanya soal kesehatan, tapi juga ekonomi masyarakat kecil. Masalah sosial kemanusiaan ini adalah tanggung jawab kita bersama dan minimal memberikan kontribusi terhadap masalah sosial kemanusiaan," ujar Bayu.

baca juga: Antisipasi Terjadinya Coret-coretan, MTsS Lubuk Kilangan Umumkan Kelulusan Lewat Blog

Sementara itu, Dewi menjelaskan bahwa di Panti Jompo Jasa Ibu, saat ini ada sebanyak 23 lansia. Mereka rata-rata berusia 56 hingga 70 tahun. Untuk kebutuhan makan sehari-hari, para lansia asuh disediakan oleh pengelola yayasan.

"Jujur, kami memang kesulitan mencarikan biaya buat mencukupi kebutuhan. Selain makan, juga fasilitas lain seperti tempat tidur, yang mulai kurang memadai. Kami mengucapkan terima kasih kepada donatur dan siapa saja yang telah mau peduli," kata Dewi.

baca juga: DPRD Sumbar Soroti Realisasi Penerimaan dan Pendapatan Pengelolaan Kekayaan Daerah

Ia menjelaskan juga bahwa di Panti Jompo Jasa Ibu ini menampung para lansia dari wilayah Kabupaten Limapuluh Kota. Namun juga rujukan Dinas Sosial dari daerah tetangga dan daerah lainnya.

"Semua yang direkomendasikan ke sini kami tampung. Alhamdulillah, belum pernah ada yang ditolak," katanya.

Secara terpisah, Wakil Bupati Lima Puluh Kota , Ferizal Ridwan, yang sempat hadir dalam penyerahan bantuan sosial tersebut mengapresiasi kepedulian para donatur yang sudah mau menyumbangkan dana pribadinya, guna mengatasi persoalan sosial di sekitar. Termasuk pihak yayasan yang sudah mengorbankan harta dan tenaga untuk mengasuh lansia yang ada saat ini.

"Jika saja banyak orang yang bersedia menyisihkan harta dan tenaga buat membantu sesama, saya yakin persoalan sosial di daerah kita akan teratasi," kata Ferizal Ridwan.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera