Waspada COVID-19, Tahanan Lapas Klas II B Payakumbuh Lakukan Sidang Online

Suasana sidang online di Lapas Klas II B Payakumbuh
Suasana sidang online di Lapas Klas II B Payakumbuh (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -

Kasus COVID-19 di Sumbar terus meningkat. Hingga hari ini tercatat sebanyak 14 kasus positif.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Lapas Klas II B Payakumbuh Muhammad Kameily mengatakan pihaknya kini tidak membolehkan tahanan dan narapidana keluar masuk Lapas.

Ia menjelaskan untuk di Lapas Payakumbuh tercatat sebanyak 329 warga binaan. Namun menindak lanjuti Keputusan KemenkumHAM maka akan dibebaskan sebanyak 49 warga hingga 7 April 2020 mendatang.

baca juga: Begini Cara UMKM Binaan Pertamina Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

"Saat ini sudah 38 warga binaan yang dibebaskan dalam dua tahap. Tapi untuk pelaksanaan sidang , warga binaan tidak lagi keluar Lapas karena sudah dilakukan secara online dan hanya di lapas," kata Kameily, Jumat 3 April 2020.

Ia menambahkan untuk pelaksanaan sidang online ini telah disiapkan ruang sidang online dengan perangkat monitor atau layar proyektor dan kamera untuk terhubung dengan tiga instansi. Sidang Online ini menghubungkan beberapa instansi seperti Pengadilan Negeri Payakumbuh atau Pengadilan Negeri Tanjungpati, dan Kejaksaan Negeri Payakumbuh.

baca juga: Antisipasi Terjadinya Coret-coretan, MTsS Lubuk Kilangan Umumkan Kelulusan Lewat Blog

" Sidang Online sejak tanggal 30 Maret 2020 hingga kemarin dihari keempat, sudah ada 13 kali sidang online. Sebanyak 10 sidang dilakukan untuk kasus di Payakumbuh dan 3 sidang untuk kasus di Kabupaten Lima Puluh Kota," ujar Kalapas Payakumbuh didampingi Yondri, Humas Lapas Klas II B Payakumbuh.

Sementara itu, Yondri menambahkan untuk jaringan internet yang digunakan yaitu jaringan khusus dari KemenkumHAM dengan kapasitas cukup besar. Sebab jaringan ini juga digunakan untuk jaringan kunjungan online serta Kantor di Lapas Payakumbuh.

baca juga: DPRD Sumbar Soroti Realisasi Penerimaan dan Pendapatan Pengelolaan Kekayaan Daerah

"Untuk proses sidang online ini, tahanan berada di dalam sebuah ruangan di lapas, pengacara dan saksi di ruang pengadilan. Kemudian Jaksa berada di Kantor Kejaksaan Negeri Payakumbuh, sehingga terhubungi di beberapa titik," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera