Warga Sumbar Jangan Tolak Pemakaman Jenazah Corona!

Ilustrasi
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menolak pemakamam jenazah yang meninggal, akibat terpapar Coronavirus Disiase (COVID-19). Karena, seluruh proses penyelenggaraan jenazahnya sudah sesuai dengan standar prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

"Sudah terjadi di luar Sumbar, dan ada berita-berita tentang penolakan jenazah ini. Nah, kita berharap kepada semua masyarakat Sumbar agar tidak. Itu penanganan jenazah, sudah melalui standar. Tidak menular. Jadi, saya harap jangan ditolak," kata Nasrul Abit, Jumat 3 April 2020

baca juga: Pemerintah Akan Terbitkan Protokol Kesehatan bagi Atlet

Jadi, tambah Wagub kalau sudah disiapkan kuburnya, diharapkan tidak ada warga yang menolak. Kalau ditolak dimana lagi harus dikuburkan. Bagaimana pula perasaan keluarganya. "Almarhum atau almarhumah juga butuh tempat yang layak di akhir hayatnya. Mari kita sama-sama doakan semoga amal ibadah diterima," saran Nasrul Abit yang juga datuk itu

Lebih lanjut Nasrul Abit mengatakan pihak keluarga juga harus memahami tata cara pemakaman jenazah korban Covid-19, walaupun hasil sampel spesimennya belum diketahui akan tetap dilakukan sesuai prosedur.

baca juga: Indonesia Gandeng China dan Korea Kembangkan Vaksin COVID-19

"Kalau sudah meninggal, tentu kita tidak bisa lihat. Meski itu keluarga kita sendiri. Tapi yakinlah, semua sudah dipersiapkan dan dilakukan penanganan yang sesuai standar prosedur. Biarkan pemerintah yang melaksanakan ini. Kita sudah ada petugas yang terlatih untuk itu," ujar Nasrul Abit.

Agar angka penyebaran COVID-19 tidak meningkat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kata Nasrul, tak henti-hentinya terus mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap mematuhi instruksi yang diberikan oleh Pemerintah. Tidak berkumpul , jaga jarak dan selalu berada di rumah. Jika kemudian memang terpaksa harus keluar rumah untuk sesuatu yang memang tidak bisa ditunda lagi, maka pakailah masker dan selalu mencuci tangan.

baca juga: Kepala Dinas Positif COVID-19 di Solsel Pernah Berinteraksi dengan Pembawa Paket dari Padang

"Patuhi instruksi pemerintah. Kita berupaya keras agar wabah ini tidak terus menyebar," tutup Nasrul Abit (*)

Editor: Joni Abdul Kasir