Masih Meningkat, Ini Perkembangan Data OPD dan Notifikasi di Pessel

Aktivitas petugas satuan gugus tugas Pemkab Pessel mengecek kesehatan orang yang keluar masuk di perbatasan Pessel-Padang akibat COVID-19 (istimewa)
Aktivitas petugas satuan gugus tugas Pemkab Pessel mengecek kesehatan orang yang keluar masuk di perbatasan Pessel-Padang akibat COVID-19 (istimewa) (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Data orang yang masuk dalam penanganan pencegahan COVID-19, di Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat terus mengalami perubahan, dan peningkatan. Khusus angka orang Orang Dalam Pemantauan (OPD) dan notifikasi, masih mengalami peningkatan.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan , Rinaldi mengungkapkan, hal itu disebabkan karena adanya warga terdata baru masuk daerah, dan terdatanya tambahan orang pernah kontak langsung dengan dua pasien yang dinyatakan positif.

baca juga: Pasien Sembuh COVID di Pessel Bertambah Dua Orang, Total Jadi 15 Orang

"Hal itu, dikarenakan karena ada yang baru pulang (dari luar Pesisir Selatan ), dan (tambahan) dari hasil kontak dengan dua orang yang dinyatakan positif," ungkapnya setelah KLIKPOSITIF konfirmasi ulang sesuai hasil data yang dirilis, Jumat 3 April 2020.

Berdasarkan data yang dirilis, Rinaldi, Jumat 3 April 2020 pukul 13.00 WIB, terlihat Orang dengan status notifikasi bertamah menjadi 2.782 orang, yang sedangkan data Kamis 2 April 2020 pukul 13.00 WIB berjumlah 2.550 orang.

baca juga: Hanyut di Bendungan Lesung Air, Seorang Remaja Pessel Ditemukan Meninggal

Sedangkan untuk data ODP, Kamis sekitar pukul 13.00 WIB, 221 orang. Pada Jumat 3 April 2020 pukul 13.00 WIB bertambah menjadi 232 orang. Padahal, data Kamis sedikit telah mengalami pengurangan dari Rabu 1 April 2020 pukul 13.00 WIB.

Sementara untuk dua status lainnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Positif masih tetap sama hingga Jumat 3 April 2020 pukul 13.00 WIB. PDP sebanyak 3 orang, dan positif 2 orang.

baca juga: Lama di Rumah Akibat Pandemi, Guru di Pessel Kembali Bertugas ke Sekolah

Menurut Rinaldi, hingga kini, kelima pasien itu masih diisolasi dan dirawat di rumah sakit, dan semua masih menunggu hasil lanjutan dari penanganan pihak medis.

"Untuk tiga orang yang PDP satu orang masih dirawat M. Zein Painan, dan dua PDP lainya, dan 2 orang terkonfirmasi positif masih dirawat di Rumah Sakit M. Djamil," terangnya.

baca juga: 42 Hasil Tes Warga di Pessel Dinyatakan Negatif, 38 Orang Masih Menunggu

Untuk informasi, bagi anda warga Kabupaten Pesisir Selatan yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, hubungi Call Center COVID-19 Kabupaten Pesisir Selatan , di nomor 081266356199. Sedangkan, untuk update COVID-19 di Pesisir Selatan buka di https://covid19.pesisirselatankab.go.id.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi