Warga Lima Puluh Kota Dipasung, Ini Kata Ketua DPRD

Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra didampingi Wakil Bupati Ferizal Ridwan.
Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra didampingi Wakil Bupati Ferizal Ridwan. (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Menanggapi adanya warga Lima Puluh Kota yang dipasung , Ketua DPRD Deni Asra angkat bicara. Sebelumnya, politisi Partai Gerindra juga ikut bersama Wakil Bupati Ferizal mengunjungi salah seorang warga di Kecamatan Mungka.

Melihat kondisi tersebut, Deni Asra saat ditemui di rumahnya, Sabtu 4 April 2020 meminta pemerintah kabupaten serius dalam memanusiakan manusia di Lima Puluh Kota . Ia menilai Pemkab harus memiliki langkah nyata yang segera diambil untuk menangani permasalah tersebut.

baca juga: Lima Puluh Kota Bersiap Menuju New Normal

"Contoh saat ini yaitu pendekatan intensif yang dilakukan mulai dari keluarga, pemerintah nagari hingga pemerintahan daerah. Kemudian langkah nyata lain yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan berkala oleh dinas kesehatan atau pihak RSJ," kata Ketua DPC Gerindra Lima Puluh Kota .

Ia menambahkan, pemkab juga harus hadir dalam memastikan ada yang mengawasi warga yang mengalami gangguan jiwa tersebut kalau rantai atau pasungannya dilepaskan. Selain itu, juga menyiapkan kebutuhan hidupnya karena cukup rawan sekali nantinya yang bersangkutan kembali mengalami gangguan jiwa dan harus kembali dipasung .

baca juga: Kodim 0306 Lima Puluh Kota Terima Bantuan APD dan Vitamin

"Saat jiwanya tenang dan kebutuhannya terpenuhi maka kondisinya bisa membaik. Kemudian diharapkan juga peran serta masyarakat maupun pemerintah nagari dan jajarannya memberikan informasi kalau ada warga yang mengalami gangguan jiwa," katanya.

Sebagai wakil rakyat di Lima Puluh Kota , Deni Asra mendesak Dinas Sosial Lima Puluh Kota menyiapkan program terkait bagaimana memperlakukan orang gangguan jiwa seperti ini. Sehingga ke depannya pemerintah kabupaten dapat melahirkan sebuah kebijakan yang berkoordinasi dengan DPRD dalam penanganan kasus adanya warga yang mengalami gangguan jiwa.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran

"Kami mengimbau kepada keluarga untuk dapat ikhlas memberikan perhatian karena keluarga merupakan orang yang paling dekat dan ras kasih sayang keluarga sangat dibutuhkannya. Kemudian masyarakat juga diminta berperan seperti halnya warga sekitar Mungka ini yang telah sangat peduli terhadap warga yang saat ini harus dirantai. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi