Masyarakat Tak Perlu Khawatir dengan Mantan Pasien Covid-19

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto.
Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto. (BNPB)

KLIKPOSITIF - Angka kasus positif virus corona Covid-19 di Tanah Air kembali bertambah. Berdasarkan data hari Sabtu (4/3/2020), ditemukan sebanyak 106 kasus baru sehingga total ada 2092 orang dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk tak khawatir terhadap pasien Covid-19 yang sembuh dan dipulangkan. Sebab, pasien yang sudah dinyatakan sembuh alias negatif tidak mungkin menularkan virus Covid-19.

baca juga: Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

"Kami bersyukur bahwa mereka yang sudah sembuh ini kondisinya bagus, dan tidak perlu dikhawatirkan lagi untuk menularkan penyakit," kata Yurianto dalam keterangan resminya di Gedung BNPB, Sabtu (4/4/2020).

Yurianto juga menyebut, pemerintah sangat berhati-hati dalam menentukan pasien sembuh dari Covid-19. Misalnya, pasien wajib menjalani pemeriksaan swab dilakukan sebanyak dua kali guna memastikan bahwa virus tidak menjangkit di tubuh pasien.

baca juga: Jemaah Lunas Bipih Berangkat Tahun Depan

"Jadi, yang sudah sembuh dengan pemeriksaan negatif, dan dua kali pemeriksaan berturut-turut sehingga bisa dipulangkan," jelasnya.

Selain kasus positif Covid-19, pemerintah juga menemukan sebanyak 16 pasien sembuh. Total pasien Covid-19 yang sembuh kekinian berjumlah 150 orang.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

Sementara itu, angka kematian akibat virus mematikan ini juga bertambah. Tercatat ada 10 pasien meninggal dunia sehingga total keseluruhan berjumlah 191 orang.

Editor: Eko Fajri