Masuk Kota Padang Wajib Pakai Masker

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah (Humas Pemko Padang)

PADANG , KLIKPOSITIF - Mulai Senin 6 April 2020, bagi masyarakat yang memasuki Kota Padang wajib memakai masker . Bagi yang tidak memakai masker akan didenda sesuai instruksi Wali Kota Padang yang berlaku mulai hari ini.

Pemberlakukan wajib pakai masker ini disebutkan Wali Kota Padang Mahyeldi untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 agar bisa ditekan di Kota Padang .

baca juga: Penjelasan Ahli Epidemiologi Unand Terkait Positif COVID-19 Tanpa Riwayat Kontak dan Perjalanan

Untuk memaksimalkan sosialisasi juga akan dipasang spanduk tentang wajib pakai masker masuk Kota Padang di posko-posko perbatasan di Kota Padang .

Keharusan memakai masker ini juga disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, yang meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker mulai Minggu (5/4/2020) kemarin. Hal ini sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO) dalam mencegah penyebaran COVID-19.

baca juga: Pemerintah Akan Terbitkan Protokol Kesehatan bagi Atlet

Tak hanya penggunaan masker , Wali Kota Padang Mahyeldi juga meminta kepada semua camat dan lurah untuk melakukan validasi data pasien COVID-19 mulai dari ODP, PDP, PPT yang valid di tingkat RT/RW, sehingga data ini dapat dipercaya dan menjadi pegangan bagi Pemerintah Kota Padang .

Selanjutnya, posko utama BPBD juga harus memiliki data dan grafik tentang perkembangan COVID-19 di semua tingkatan, mulai dari tingkat RT/RW, Lurah, kecamatan sampai tingkat Kota.

baca juga: Indonesia Gandeng China dan Korea Kembangkan Vaksin COVID-19

Untuk memastikan tentang kesiapan di perbatasan di posko utama, Wali Kota Padang meninjau posko utama BPBD dan posko-posko yang berada di perbatasan Kota Padang , didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Kabag Umum Budi Payan, Kabag Organisasi Raju dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis.

Dalam tinjauan tersebut Wako Mahyeldi banyak menemukan data yang tidak lengkap dan perlu disempurnakan untuk aksi yang lebih maksimal dalam pendataan COVID-19 di Kota Padang .

baca juga: Polres Sijunjung Serahkan Bantuan 10 Ton Beras ke Masyarakat Terdampak COVID-19

Dihari yang sama, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa juga melakukan peninjauan untuk mencek kesiapan dan kekuatan personil pada posko tersebut.

Editor: Haswandi