BPBD Pessel Waspadai Terjadinya Potensi Bencana Ini

Potensi bencana saat Pesisir Selatan diguyur hujan lebat
Potensi bencana saat Pesisir Selatan diguyur hujan lebat (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengimbau, masyarakat mewaspadai cuaca hingga tiga hari kedepan.

Menurut, Kasi Kedaruratan BPBD Pesisir Selatan, Husnul Karim, selain hujan, Pesisir Selatan juga rentan terhadap gelombang tinggi dan angin kecang.

baca juga: Kodim 0306/50 Kota Renovasi 10 Rumah Veteran dan Warga Miskin di Suliki

"Itu informasi yang kita terima dari BMKG, jadi untuk tiga hari kedepan kita harus melakukan pra bencana dengan waspada," ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Senin 6 April 2020.

Ia menjelaskan, bagian daerah yang berada di bantalan sungai, dan pinggiran bukit harus mewaspadai banjir dan longsor. Selain itu, juga bagi daerah yang berada dipinggir pantai.

baca juga: Longsor Hantam Rumah di Sariek Alahan Tigo, Dua Orang Meninggal

"Untuk pinggir pantai itu, mungkin abrasi dan gelombang tinggi. Karena, gelombang laut saat ini mencapai 1,5 meter hingga 3 meter. Jadi, diutamakan bagi nelayan untuk melihat kondisi dulu sebelum melaut," terangnya.

Selain mengingatkan, BPBD Pesisir Selatan saat ini terus melakukukan monitoring untuk seluruh wilayah. Dan belum dilaporkan ada bencana untuk hari ini.

baca juga: 22 dari 29 Pasien Positif COVID-19 di RSAM Dinyatakan Sembuh

"Kalau hari ini kita belum ada menerima laporan. Kamarin ada satu rumah terkena puting beliung, tapi sudah ditangani. Untuk hari jika ada laporan terbaru akan segera kami kabarkan," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri