Peduli Masyarakat Terdampak COVID-19, YMBS Salurkan Bantuan Sembako di Payakumbuh

Ketua Yayasan Muslim Bersaudara Sehati sekaligus Koordinator Lapangan Nasril saat bagikan paket sembako ke masyarakat di Payakumbuh
Ketua Yayasan Muslim Bersaudara Sehati sekaligus Koordinator Lapangan Nasril saat bagikan paket sembako ke masyarakat di Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pandemi COVID-19 terus berkembang dan mengakibatkan berbagai pihak merasakan dampaknya. Salah satunya adalah masyarakat kecil yang menggantungkan hidupnya dengan harus keluar rumah untuk mencari penghasilan demi menyambung hidupnya.

Melihat fenomena yang terjadi tersebut, Yayasan Muslim Bersaudara Sehati (YMBS) membuka kesempatan kepada donatur yang ingin membantu memenuhi kebutuhan hidup masyarakat terdampak, khususnya di daerah Kota Payakumbuh .

baca juga: Kadis Perdagangan Padang: Kita Ingin Tes Swab hingga 2000 Orang

Ketua YMBS Nasril didampingi Zaki Purnama sebagai Wakil Koordinator Lapangan mengatakan hingga saat ini telah diterima sebanyak 600 paket sembako yang siap disalurkan kepada masyarakat terdampak. Hingga saat ini dikatakannya, sebanyak 300 lebih paket telah disalurkan yang tersebar di lima kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh .

"Alhamdulillah, sejak seminggu terakhir kami telah memulai menyalurkan ratusan paket sembako kepada masyarakat terdampak ekonomi di Kota Payakumbuh ini. Bantuan sembako yang kami salurkan saat uni baru meliputi beras, minyak goreng, dan telur," kata Nasril saat ditemui di Jalan Marah Adim, Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat.

baca juga: Kluster Pasar Raya Padang Telah Lakukan Tes Swab kepada 1772 Orang

Ia menjelaskan untuk data masyarakat terdampak, ia bekerjasama dengan dinas sosial. Namun kategori masyarakat yang berhak mendapatkannya adalah di luar masyarakat yang telah mendapat bantuan rutin dari pemerintah.

"Data yang kami terima ini nantinya kami seleksi kembali dan lakukan wawancara. Setelah kami cek langsung dan layak maka kami akan berikan langsung bantuan paket sembakonya. Selain itu, kami juga menerima informasi dari berbagai pihak, baik melalui WhatsApp, Facebook, SMS maupun telepon untuk masyarakat yang terdampak ini," ujar Nasril bersama Zaki Purnama.

baca juga: BNNK Payakumbuh Gelar Peringatan Hari Pancasila Secara Online

Untuk informasi atau call center Yayasan Muslim Bersaudara Sehati, dapat langsung menghubungi di nomor 0823 8611 8282. Ia menambahkan bahwa pihaknya siap melayani dan langsung aksi ke lapangan untuk mengantarkan bantuan sembako tersebut.

"Intinya, kami hadir di sini sebagai mitra pemerintah yang membantu untuk menanggulangi masyarakat terdampak Pandemi COVID-19. Sebab kami menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang luput dari bantuan dan kami siap membantu agar saudara-saudara kita tersebut dapat memenuhi kebutuhannya," katanya.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 2 Juni, Berikut Rincian 7 Penambahan Positif dan 5 Sembuh

Yayasan Muslim Bersaudara Sehati ini sendiri sebelumnya telah banyak bergerak aktif dan turun ke lapangan dalam berbagai situasi. Sebut saja bencana di gempa Lombok, Palu, Banten, pengungsi Rohingya, muslim Suriah, dan hingga ke Palestina.

"Yayasan Muslim Bersaudara Sehati ini bergerak di empat bidang yaitu sosial, dakwah, kemanusian, dan kaum dhuafa. Kami berharap langkah kami ini dapat menjadi motivasi bagi yang lain untuk berbuat dan saling peduli terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan," ujar Nasril yang juga bekerja di bidang percetakan tersebut.

Ia berharap masyarakat dapat mematuhi dan menaati imbauan dari Pemerintah agar tidak Pandemi COVID-19 tidak semakin mewabah. Sehingga Kota Payakumbuh dapat bebas dari virus corona ini dan mendapat perlindungan Allah SWT.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani