Pemko Padang Terima Bantuan Kajian Penanganan Covid-19

Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa meenerima hasil kajian penanganan Covid-19
Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa meenerima hasil kajian penanganan Covid-19 (Humas)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Padang kembali mendapatkan uluran tangan dari masyarakat. Kali ini tidak berupa Alat Pelindung Diri (APD) ataupun sembako, tetapi berupa kajian untuk penanganan Covid-19.

Bantuan tersebut diberikan oleh kalangan akademisi dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.

baca juga: Penjelasan Ahli Epidemiologi Unand Terkait Positif COVID-19 Tanpa Riwayat Kontak dan Perjalanan

Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN IB Padang, Wakidul Kohar mengatakan, pihaknya memberikan hasil kajiannya terkait penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Kota Padang.

"Di FDIK ada juga dosen kita yang terkait dengan bidang kesehatan masyarakat. Untuk itu, kita mencoba memberikan masukan dan menawarkan kepada Pemko Padang untuk bisa bersama-sama menghadapi dampak Covid-19 ini," katanya.

baca juga: Pemerintah Akan Terbitkan Protokol Kesehatan bagi Atlet

Selain itu, pemerintah bisa menyampaikan kebijakannya melalui komunikator agama seperti mubaligh.

"Dengan begitu, tidak terjadi perbedaan ataupun pertengkaran dalam memberikan arahan kepada jemaah. Terutama larangan sementara yang tidak membolehkan beribadah ke masjid demi mengantisipasi penyebaran Covid-19," lanjutnya.

baca juga: Indonesia Gandeng China dan Korea Kembangkan Vaksin COVID-19

Kajian tersebut juga berisi informasi terkait daerah yang sudah termasuk dalam zona merah di Kota Padang serta grafik kasus Covid-19 yang terus meningkat di Sumatera Barat.

"Kita tentu berharap, seiring naiknya grafik kasus Covid-19 di Sumbar dan juga Kota Padang, harus seimbang antara upaya dengan pencegahan demi menghentikan penularannya," katanya.

baca juga: Polres Sijunjung Serahkan Bantuan 10 Ton Beras ke Masyarakat Terdampak COVID-19

Hal lain dalam kajian itu berisi tentang upaya membentuk posko atau Satuan Tugas (Satgas) pengawasan dan penanggulangan Covid-19 di masjid-masjid se-Kota Padang sampai ke tingkat RT dan RW.

Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa yang menerima salinan kajian tersebut sangat menyambut baik bantuan tersebut.

"Alhamdulillah, kita sangat mengapresiasi FDIK UIN IB Padang yang ikut memikirkan dampak wabah Covid-19. Sekaligus berupaya agar masyarakat tidak tedampak secara sosial ekonomi terutama untuk kebutuhan pangan sehari-hari," katanya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera