Wali Kota Padang Usulkan Pemerintah Pusat Lockdown Antar Pulau

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah
Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah (Humas)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah meminta pemerintah pusat melakukan lockdown antar pulau untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Karena kalau saya berprinsip, jika secara nasional tidak melakukan lockdown, mungkin bisa juga diberlakukan lockdown antar pulau," katanya.

baca juga: Penjelasan Ahli Epidemiologi Unand Terkait Positif COVID-19 Tanpa Riwayat Kontak dan Perjalanan

Dengan begitu, katanya warga dari pulau yang satu tidak bisa ke pulau lainnya. Ini bisa mempermudah pengidentifikasian kasus Covid-19 di daerah dan nasional.

Menurutnya, jika tidak ada kejelasan dan ketegasan dari pemerintah pusat dalam membatasi orang berpergian dari daerah satu ke daerah lainnya, maka akan berdampak buruk. Penyebaran penyebaran Covid-19 makin tak terkendali.

baca juga: Pemerintah Akan Terbitkan Protokol Kesehatan bagi Atlet

"Kita khawatirkan dengan kondisi itu akan terjadi lonjakan-lonjakan jumlah orang positif Covid-19 di Indonesia termasuk Kota Padang ini," lanjutnya.

Menurutnya, hal itu akan memperpanjang masa darurat Covid-19 dan bisa saja akan terjadi hal-hal yang tak diingini lainnya.

baca juga: Indonesia Gandeng China dan Korea Kembangkan Vaksin COVID-19

Hingga saat ini, sudah 8 orang di Kota Padang positif corona. Sementara itu, perantau yang berada di daerah lain masih berdatangan ke Kota Padang .

Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan Kota Padang pada Minggu 5 April 2020, jumlah Pelaku Perjalanan dari daerah Terjangkit (PPT) di Kota Padang telah mencapai 3371 orang dan Orang Tanpa Grjala (OTG) sebanyak 204 orang.

baca juga: Polres Sijunjung Serahkan Bantuan 10 Ton Beras ke Masyarakat Terdampak COVID-19

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera