Pesisir Selatan Butuh Rp 75 Miliar untuk Penanganan COVID-19, Begini Rinciannya

Pemkab Rakor bersama DPRD Pesisir Selatan penyampaian kebutuhan anggaran untuk penanganan COVID-19
Pemkab Rakor bersama DPRD Pesisir Selatan penyampaian kebutuhan anggaran untuk penanganan COVID-19 (Dok. Humas Pemkab Pessel)

PESSEL , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kabuapaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat membutuhkan anggaran sebesar Rp75 miliar untuk penanganan Covid-19 di daerah tersebut.

Bupati Pessel , Hendrajoni menyampaikan, selain untuk operasional, anggaran tersebut juga dibutuhkan untuk biaya stimulan jaringan pengamanan sosial (JPS) dan warga yang terdampak langsung Covid-19.

baca juga: Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

"Jadi total anggaran yang dibutuhkan Rp75 miliar," ungkap Hendrajoni melalui rilis yang diterima KLIKPOSITIF usai rakor pemkab bersama DPRD setempat, Senin 6 April 2020.

Ia merinci, anggaran Rp75 miliar itu terbagi untuk operasional sebesar Rp 10 miliar, dan untuk JPS atau biaya stimulan Rp65 miliar.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

"Hal itu kita perkirakan sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri RI nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Covi 19 di Lingkungan Pemerintah Daerah," terangnya.

Selain kebutuhan anggaran, pihaknya juga menyampaikan langkah-langkah yang telah dilakukan pemkab selama menangani Covid-19. Seperti membebaskan pajak hotel dan restoran, juga membebaskan pungutan retribusi untuk 753 petak kios yang tersebar di 14 pasar rakyat di daerah setempat.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

Selain itu, Pemkab Pessel juga telah mengalihkan pembelajaran siswa TK/ PAUD, SD dan SLTP ke rumah, selama masa yang ditentukan hingga penyebaran COVID-19 benar-benar teratasi.

"Kebijakan-kebijakan itu, dalam rangka mengurangi dampak ekonomi dan sosial akibat mewabahnya Covid-19," jelasnya.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 6 Juni, 54,37 Persen Pasien Dinyatakan Sembuh

DPRD Pessel sangat mendukung langkah yang telah dilakukakan pemkab. Namun, sejauh itu mesti harus dilakukakan lebih terukur. Sebab, penanganan Covid-19 merupakan hal prioritas saat ini.

"Pada prinsipnya kita mendukung kebijakan yang diambil Pemkab dalam penanganan Covid 19 . Namun, tentu ini harus dilakukan dengan baik sesuai kebutuhan,"tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera