Ajak Para Dermawan Berkontribusi Buat Masker, Relawan: Kami Tunggu Sumbangannya

Para Relawan Kolaboraksi Kemanusiaan Pasaman Barat
Para Relawan Kolaboraksi Kemanusiaan Pasaman Barat (Riki)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Relawan Kolaboraksi Kemanusiaan Pasaman Barat galang dana untuk pemesanan 1.000 Masker yang terbuat dari bahan katun. Masker itu nantinya akan dibagikan kepada warga yang bekerja sehari-hari di lapangan.

"Masker ini nantinya akan kita bagikan kepada warga yang lebih membutuhkan atau lebih rentan dan lebih berisiko terpapar virus Corona," sebut Ketua Kolaboraksi Kemanusiaan Pasbar , Decky Sahputra, Senin (6/4/2020).

baca juga: Begini Cara UMKM Binaan Pertamina Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

Ia menjelaskan, warga yang rentan terpapar virus corona seperti pedagang di pasar, pedagang keliling, pemilik warung, driver ojek dan lainnya. Karena mereka sering berinteraksi dengan orang banyak.

Lanjutnya, saat ini total dana yang terkumpul sekitar Rp2,8 juta. Sementara untuk biaya pembuatan 1.000 masker menelan biaya sekitar Rp8juta. Kata dia, dengan anggaran tersebut sebenarnya tidak bisa menghasilkan 1.000 masker yang dua lapis.

baca juga: Antisipasi Terjadinya Coret-coretan, MTsS Lubuk Kilangan Umumkan Kelulusan Lewat Blog

Sambungnya, namun karena yang membuat adalah salah satu relawan kemanusiaan, maka diupayakan dengan anggaran Rp8juta bisa menghasilkan 1.000 masker lebih.

Lebih lanjut diterangkan Decky, masker yang dibuat berbahan kain katun. Dijahit dua lapis dengan bagian tengah bisa disisipkan tisu lipat dan pakai tali.

baca juga: Polisi Benarkan Laporan PDIP Soal Dugaan Peyebaran Hoaks Terkait Puan Maharani di Pasbar

"Semoga dananya segera cukup dan bisa diselesaikan dalam dua atau tiga hari ke depan. Sehingga bisa kita bagikan segera mungkin kepada warga yang lebih membutuhkan, atau lebih rentan dan lebih berisiko terpapar Virus Corona ," harap Decky.

Namun ungkapnya saat ini pihaknya terkendala biaya. Untuk itu ia berharap, sumbangsih atau partispasi dari para donatur atau dermawan. Sehingga tujuan untuk membantu warga yang bekerja di lapangan bisa segera didistribusikan.

baca juga: DPRD Sumbar Soroti Realisasi Penerimaan dan Pendapatan Pengelolaan Kekayaan Daerah

Disamping pembuatan masker kain yang dibuat oleh para relawan kolaboraksi kemanusiaan Pasbar ini, pihaknya juga memproduksi handsanitizer dari bahan alami yang nantinya, akan dibagikan secara gratis dan diletakkan di tempat umum.

"Warga yang berniat menyumbang bahan seperti serai wangi, sirih merah, atau berupa dana, kami tunggu sumbangannya," ajak Decky.

Bagi para dermawan atau donatur yang ingin ikut berkontribusi dalam gerakan sosial kemanusiaan ini, bisa menyalurkan infak atau sedekahnya melalui rekening MRPB Peduli di BRI Cabang Pasaman Barat di nomor rekening 0615-01-008410-53-1.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera