Besok, 141 ODP Tanah Datar Cek Kesehatan di RS Ali Hanafiah Batusangkar

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Sebanyak 141 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Tanah Datar akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, Selasa 7 April 2020.

"Pelaksanaan tes kesehatan ini dilakukan secara bertahap karena pihak rumah sakit hanya mampu melakukan tes medis sebanyak 20 orang per hari," ucap Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Ermon Revlin saat rapat koordinasi di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Pagaruyung, Senin 6 April 2020.

baca juga: Penjelasan Ahli Epidemiologi Unand Terkait Positif COVID-19 Tanpa Riwayat Kontak dan Perjalanan

Ermon menyebut ODP yang akan melakukan tes kesehatan tersebut merupakan data terakhir pada hari itu, bila masa inkubasi selesai pada hari sebelumnya maka ia akan ditambahkan sebagai ODP yang akan dites swab pada periode berikutnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas PP COVID-19 Tanah Datar Roza Mardiah menjelaskan bahwa tes ini meliputi tiga pemeriksaan medis yakni tes swab, pengambilan sampel dahak dan pengambilan sampel darah.

baca juga: Pemerintah Akan Terbitkan Protokol Kesehatan bagi Atlet

"Tiga tahapan itu akan dilakukan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP)," ucap Roza.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanah Datar ini mengatakan tujuan dilakukan tes ini agar bisa segera mengetahui bagaimana kondisi ODP. Selain itu untuk menentukan langkah dan tindak lanjut dalam penanganan kasus.

baca juga: Indonesia Gandeng China dan Korea Kembangkan Vaksin COVID-19

Setelah dilakukan tes medis, apabila hasilnya positif maka akan dilakukan prosedur penanganan sesuai standar. Sebaliknya apabila hasilnya negatif maka proses pamantauan dilakukan sampai batas waktu masa inkubasi habis. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera