Bupati Yulianto: Kita Harus Berusaha Saling Memutus Mata Rantai Penyebaran Corona di Pasbar

Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat mengajak warga untuk bersama memutus mata rantai penyebaran corona
Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat mengajak warga untuk bersama memutus mata rantai penyebaran corona (Ist)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) terus gencar berupaya memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) didaerah itu.

Berbagai upaya seperti melakukan penyemprotan disinfektan, menyiapkan cairan cuci tangan di tempat keramaian, membagikan masker dan beliburkan sekolah serta membuat posko pemeriksaan kesehatan bagi orang yang masuk ke Pasaman Barat.

baca juga: 32 Pegawai dan Warga Binaan Lapas Terbuka di Pasbar Jalani Tes Swab

"Program utama kita dalam tanggap cepat memutuskan rantai penyebaran COVID-19," sebut Bupati Pasaman Barat, Yulianto usai memberikan tong air, masker dan cairan anti septik di Pasar Simpang Tiga Kecamatan Luhak Nan Duo, Senin (6/4/2020).

Ia mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Mulai dari sosialisasi kesehatan, meliburkan anak sekolah dan beberapa imbauan seperti tidak mengadakan acara keramaian, sering mencuci tangan.

baca juga: Terkait COVID-19, Dua Pegawai Lapas Terbuka Kelas II B Pasaman di Tes Swab

Selain upaya tersebut, Bupati Yulianto juga mengajari warga untuk cara mencuci tangan yang baik menggunakan handsanitizer dan cairan septik alami, serta penggunaan masker yang baik dan mengadakan tong air di pusat keramaian seperti pasar.

Untuk itu Yulianto meminta kepada seluruh masyarakat, agar harus bersama dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini. Warga juga harus sering mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga, makan buah-buhan dan minum vitamin C serta lainnya.

baca juga: Dua Pengedar Ganja Diamankan di Pasbar

Ia menerangkan, penyakit ini tidak penyakit yang harus dikucilkan, penyakit ini menyerang kondisi badan yang kurang fit dan sisten imun tubuh yang menurun. Untuk itu, lebih baik mengisolasi diri dirumah saja dan jangan terlalu banyak beraktivitas ditempat keramaian.

"Mari waspada dan sampaikan kepada keluarga dan anak-anak kita untuk menjaga diri, karena lebih baik sedini mungkin waspada dari Corona ini," terangnya.

baca juga: Polisi Benarkan Laporan PDIP Soal Dugaan Peyebaran Hoaks Terkait Puan Maharani di Pasbar

Hingga saat ini kata Bupati, warga Pasaman Barat belum ada yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Ia juga meminta kepada warga agar jangan mudah percaya terhadap isu hoak yang beredar ditengah-tengah masyarakat.

"Kita jangan mudah terpancing, saya minta warga bekerjasama dan mengikuti imbauan yang telah diedarkan pemerintah, agar kita bersama bisa memutus mata rantai penyebaran corona ini," pinta Yulianto.

Ia menambahkan, semoga bantuan tong air sebagai wadah cairan anti septik alami ini, bisa bermanfaat untuk masyarakat, terimakasih atas kerjasama dalam membentengi penyebaran virus ini.

"Semoga semua cobaan ini cepat berkahir dan kita bisa kembali beraktifitas seperti biasa nya," ucap Bupati mengakhiri.

Turut hadir, Ketua TP PKK Ny Sifrowati Yulianto, Kadis LH Adrinaldi, Kadis Pendidikan Mawarzi, Anggota DPRD, Jajaran Dinkes, Camat Luhak Nan Duo, Walinagari Koto Baru, Pj Walinagari Kapa, Tim Relawan COVID-19 dan masyarakat setempat.

[Irfansyah Pasaribu]

Editor: Khadijah