Peduli Sesama, Kodim 0306/50 Kota Gelar Donor Darah

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -

Mengatasi kekurangan persediaan darah dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), Kodim 0306/50 Kota gelar donor darah . Kegiatan yang berlangsung di Makodim 0306/50 tersebut bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan RSUD Adnan WD.

Bupati Irfendi Arbi berterimakasih kepada jajaran Kodim khususnya Letkol. Kav. Ferry Lahe yang telah menggelar kegiatan dalam membantu PMI serta mengantisipasi kekurangan persediaan darah dalam situasi Pandemi COVID-19. Donor darah tersebut dikatakannya adalah wujud bakti TNI terhadap masyarakat dan daerah.

baca juga: Lima Puluh Kota Bersiap Menuju New Normal

"Kegiatan donor darah ini merupakan upaya untuk mengatasi kekurangan persediaan darah dalam situasi mewabahnya Covid-19 di negeri ini. Kita tentu sangat berterimakasih kepada seluruh personil di Kodim 0506/50 Kota," kata Bupati Irfendi Arbi.

Dengan adanya pasokan darah tersebut, diharapkan daerah ini tidak dihantui kekhawatiran kehabisan stok darah. Untuk itu, orang nomor satu di Lima Puluh Kota ini mengajak berbagai elemen masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk ikut menjadi pendonor.

baca juga: Kodim 0306 Lima Puluh Kota Terima Bantuan APD dan Vitamin

"Namun, semua itu tentu harus memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kemudian dengan memberikan darah kita bagi orang yang sangat membutuhkannya, hal tersebut adalah tindakan yang mulia. Yakinlah, donor darah ini menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan balasan berlimpah dari Allah SWT," ujar Irfendi.

Sementara itu, Irfendi Arbi juga mengajak seluruh pihak untuk tetap bersatu padu memerangi virus yang mematikan tersebut. Caranya adalah dengan menerapkan gerakan hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan dengan sabun, rajin berolahraga, menjaga jarak, tetap berada di rumah, mengkonsumsi makanan bergizi dan lainnya.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran

Secara terpisah, dokter penanggung jawab kegiatan donor darah dr. Junaidi mengatakan jumlah peserta yang berpartisipasi sebanyak 35 orang. Namun yang memenuhi persyaratan hanya sebanyak 33 orang.

"Para pendonor yang kita ambil harus melewati prosedur dan memenuhi sejumlah indikator bidang kesehatan, termasuk di dalamnya skrining. Hanya peserta yang memenuhi persyaratan saja yang kita ambil darahnya," kata Junaidi.

baca juga: Hari Ketiga Pencarian, Warga Lima Puluh Kota Masih Belum Ditemukan

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera