Ini Tiga Arahan Presiden Agar Program Jaring Pengaman Sosial Efektif

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (ratas) mengenai Efektivitas Penyaluran Program Jaring Pengaman Sosial, Selasa (7/4), melalui Konferensi Video dari Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta.

Saat memberikan pengantar, Presiden menyampaikan program-program ini penting bagi rakyat sehingga memberikan penekanan, sebagai berikut:

baca juga: Tidak Lagi Digratiskan, Hotel, Restoran dan Tempat Hiburan di Kota Padang Mulai Bayar Pajak

Pertama, pelaksanaannya betul-betul tepat sasaran, data juga dari kelompok penerima manfaat by name, by adress. "Sehingga tepat dan akurat melibatkan RT/RW dan Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah sehingga betul-betul bantuan ini bisa tepat," ujar Presiden Jokowi.

Kedua, penyalurannya sesegera mungkin, secepat mungkin, tepat, dan cepat.

baca juga: Rumah Ibadah Akan Dibuka Secara Bertahap di Daerah Zona Hijau

Ketiga, mekanisme penyaluran jaring pengaman sosial ini dilakukan seefisien mungkin, gunakan cara-cara praktis, tidak berbelit-belit, dan menyulitkan masyarakat.

"Rancang mekanisme yang bisa melibatkan sektor usaha mikro, usaha kecil, pedagang sembako di pasar, jasa transportasi ojek," imbuh Presiden. Dengan demikian, Presiden Jokowi berharap bahwa hal itu dapat menggerakkan usaha-usaha yang berada di bawah.

baca juga: Jual Beli Jumat, Harga Emas Naik Tipis

"Sehingga ini bisa menggerakkan, mengikutsertakan usaha-usaha yang di bawah agar bersama-sama dengan kita dan juga ekonomi di bawah ikut bergerak," pungkas Presiden di akhir pengantar.

Sebelumnya, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar sekitar Rp110 triliun yang dialokasikan untuk jaring pengaman sosial bagi masyarakat lapisan bawah agar tetap mampu memenuhi kebutuhan pokok dan untuk menjaga daya beli dalam mengatasi dampak sosial ekonomi penyebaran Virus Korona (Covid-19).

baca juga: Ahli Ungkap Konsumsi Jahe Bisa Bantu Perpanjang Usia

Editor: Eko Fajri