Masyarakat Sumbar Diwajibkan Pakai Masker Keluar Rumah

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Warga Sumatera Barat (Sumbar) diwajibkan memakai masker jika ke luar rumah. Ke luar rumah dimaksud untuk membeli keperluan bahan pokok atau kebutuhan yang urgen (penting).

Pemakaian masker tersebut tertuanya dalam instruksi Gubernur Sumatera Bart Nomor : 360/ 013/ COVID 19 SBR/IV-2020. Berlaku mulai hari ini. Bupati/Walikota diminta untuk menyebarluaskan intruksi tersebut melakukan pengawasan dalam pelaksanaannya sesuai kebutuhan.

baca juga: Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

"Penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19," ungkap Irwan, Selasa, 7 April 2020.

Disampaikannya, kebijakan tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia yang disampaikan di dalam Rapat Terbatas melalui telekonferensi dan Istana Merdeka tanggal 6 April 2020 dan Penyampaian Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tanggal 5 April 2020 di BNPB.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

"Gerakan ini namanya "masker untuk semua. Mewajibkan seluruh masyarakat untuk menggunakan masker berbahan kain 3 (tiga) lapis," terangnya.

Dijelaskan kenapa prioritas masker kain, sebab masker berdasar kain bisa dicuci dengan sabun cuci/detergen setelah maksimal 4 (empat) jam pemakaian. Selain itu juga bisa menghemat biaya dan penggunaan masker medis hanya diperuntukkan untuk tenaga kesehatan dan orang yang memiliki gejala penyakit pernapasan.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

"Untuk itu kami tekankan Wali Nagari/ Kepala Desa/ Lurah. Wali Jorong, Ketua RW/RT, Kader PKK dan lain-Iain) agar mengingatkan warga untuk selalu menggunakan masker di luar rumah," tutupnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah telah meminta semua masyarakat di Kota Padang, baik warga atau pun pendatang dari luar kota, waib beraktivitas di luar rumah dengan menggunakan masker .

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 6 Juni, 54,37 Persen Pasien Dinyatakan Sembuh

Bahkan, Mahyeldi menegaskan tidak hanya warga, pendatang di Padang juga diwajibkan menggunakan masker . (*)

Editor: Joni Abdul Kasir