Bantuan Pemprov Sumbar Kepada Terdampak Corona, Satu Keluarga Bisa Dapat Rp2 Juta

Rapat teknis pemberian bantuan kepada kepada masyarakat terdapak COVID-19, Selasa, 7 April 2020
Rapat teknis pemberian bantuan kepada kepada masyarakat terdapak COVID-19, Selasa, 7 April 2020 (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah menyiapkan bantuan untuk 359.910 orang terdampak COVID-19. Bantuan tersebut tinggal dibagikan jika data dari kabupaten/kota sudah tersedia.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menjelaskan, penerima bantuan adalah warga di luar daftar Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta diluar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

baca juga: Pemkab Agam Kembali Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 20 Juni

"Kesepakatan rapat tadi, warga diberikan bantuan adalah mereka yang belum tercover oleh program lainnya," ungkapnya, Selasa, 7 April 2020.

Dilanjutkan Nasrul Abit , secara teknis, warga terdampak ini akan diberikan berikan bantuan sebesar Rp200 ribu perorang. Diberikan perbulan selama 3 bulan berturut-turut.

baca juga: Pemkab Pessel Jadikan PSBB Tahap Tiga Sebagai Transisi ke New Normal

"Hitungannya perorang dapat dua ratus ribu, jadi kalau dalam keluarga ada lima orang bisa menerima satu juta. Kalau sepuluh orang bisa dapat dua juta perbulan," terangnya.

Dari keterangan Nasrul Abit , bantuan bisa berupa uang tunai dan sembako, tergantung pemakaian dari daerah. Komunikasinya dengan pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai meminta uang tunai, sebab untuk sembako akan memakan waktu lama dan agak sulit karena jalur laut.

baca juga: Pertama di Lima Puluh Kota, Nagari Situjuah Batua Punya Tempat Karantina

"Mentawai minta uang tunai, dan pihak pos sudah bersedia bekerja sama untuk mengantarkan langsung ke rumah masyarakat," katanya.

Dia berharap kabupaten/kota bisa menampung data dalam Minggu ini sehingga bantuan tersebut bisa cepat direalisasikan.

baca juga: Wagub Sumbar: WN Irlandia yang Positif COVID-19 Sudah Berpindah-pindah Hotel di Padang

"Kita berharap dalam minggu ini data segera dikirim oleh kabupaten dan kota agar bantuan bisa segera terealisasi," harapnya. (*)

[Hms-Sumbar]

Editor: Joni Abdul Kasir