Dampak Corona, Ratusan Pelaku Usaha Terancam Gulung Tikar di Pasbar

Ketua Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Ade Media Putra di tempat usaha nya yang sepi pembeli
Ketua Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Ade Media Putra di tempat usaha nya yang sepi pembeli (Ade)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Ratusan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) merasakan dampak dari pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) dan terancam gulung tikar.

"Sebanyak 360 pelaku usaha yang tergabung dalam forum UMKM Pasaman Barat , mengalami penurunan omzet sampai 75 persen," sebut Ketua Forum UMKM Pasbar , Ade Media Putra kepada KLIKPOSITIF , Selasa (7/4/2020).

baca juga: Kadis Perdagangan Padang: Kita Ingin Tes Swab hingga 2000 Orang

Ia menerangkan, penurunan omzet itu dikarenakan menurunnya permintaan mencapai 87,5 persen. Hal itu dipengaruhi karena imbauan pemerintah agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial.

"Ini yang memperparah keadaan dan para pedagang kian mengelus dada dengan kondisi tersebut. Jika pandemi COVID-19 tidak segera berakhir, para pelaku usaha terancam gulung tikar," terangnya.

baca juga: Rumah Sakit Yang Akan Dijadikan Rujukan COVID-19 di Mentawai Rusak Parah

Selain karena imbauan tersebut, juga dipengaruhi sulitnya untuk mendapatkan bahan baku, naiknya harga bahan baku. Artinya, order pesanan dari konsumen dalam bidang kuliner tidak ada.

Lanjutnya, saat ini para pelaku UMKM juga sulit memasarkan produk secara langsung dan online. Hal itu dikarenakan, tidak bisa untuk keluar provinsi.

baca juga: Kluster Pasar Raya Padang Telah Lakukan Tes Swab kepada 1772 Orang

"Kita tidak bisa menyalahkan siapa pun, bukan kita saja, semua terdampak akibat Virus Corona ini. Namun kita berharap dan berdoa semoga ini segera berakhir," harap Ade.

Ia menambahkan, akibat situasi yang melanda anggota forum UMKM yang dipimpinnya sudah ada yang memilih menutup usaha. Seperti pelaku usaha rumah makan di wisata Pantai Pohon Seribu Sasak karena tidak ada pengunjung.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 2 Juni, Berikut Rincian 7 Penambahan Positif dan 5 Sembuh

"Beberapa anggota kita, mulai beralih profesi untuk bisa menutupi biaya kelansungan hidup keluarganya masing-masing," ujarnya.

Namun demikian, pihaknya berharap pemerintah setempat dapat meringankan beban, seperti ada bantuan atau stimulus agar para pelaku UMKM tetap berusaha, sehingga bisa mengatur kembali dan menata bisnis yang terpuruk karena Corona.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera