Pasca Jembatan Rusak, Akses Warga Dua Jorong di Lima Puluh Kota Terganggu

Anggota DPRD 50 Kota Khairul Apit didampingi Ketua DPRD Deni Asra dan Wakil Bupati Ferizal Ridwan saat meninjau Jembatan Rusak.
Anggota DPRD 50 Kota Khairul Apit didampingi Ketua DPRD Deni Asra dan Wakil Bupati Ferizal Ridwan saat meninjau Jembatan Rusak. (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Pasca rusaknya Jembatan Lubuak Batu Subakah Nagari Pandam Gadang, Kecamatan Suliki, lebih dari 1.000 warga tidak bisa mengakses jalan tersebut. Jembatan ini merupakan satu-satunya akses bagi warga dua jorong yaitu Jorong Sungai Mangkirai dan Jorong Koto Marapak.

Melihat kondisi tersebut, Sekretaris Komisi II DPRD Lima Puluh Kota Khairul Apit mengatakan empat tahun lalu ketika masih menjabat sebagai wali nagari, ia pernah menyampaikan kondisi jembatan kepada pemerintah daerah. Namun hingga kini saat dirinya meninjau ke lapangan, kondisi tersebut masih sama tidak ada perubahan.

baca juga: Lima Puluh Kota Bersiap Menuju New Normal

"Sekarang sudah jatuh korban, baru akan diperbaiki, padahal sudah empat tahun berturut-turut terus diajukan kepada pemerintah," katanya saat dihubungi, Selasa 7 April 2020.

Ia menjelaskan dirinya bersama Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra kemarin baru saja meninjau jembatan tersebut. Hal ini dikarenakan sebelumnya, sebuah truk terperosok dan jatuh ke dalam sungai saat akan melewati jembatan penghubungi dua jorong tersebut.

baca juga: Kodim 0306 Lima Puluh Kota Terima Bantuan APD dan Vitamin

"Masyarakat daerah ini kebanyakan petani jeruk, kalau jembatan ini rusak tentu masyarakat tidak dapat membawa hasilnya keluar. Sebab saat ini jembatan hanya bisa dilalui mobil roda empat dengan berat yang terbatas," ujarnya.

Menurutnya, jembatan tersebut terakhir kali diperbaiki sekitar lima tahun lalu yaitu hanya dengan mengganti lantai kayu dari jembatan . Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa dalam waktu dekat jembatan tersebut akan diperbaiki karena adanya ancaman 1.000 warga akan mendatangi dinas terkait.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran

"Kabarnya lantai dan leger besi akan diganti saat ini. Tapi melihat agenda pembangunan di Lima Puluh Kota pada 2021 kabarnya sudah direncanakan akan dibuat permanen," katanya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra mengatakan pihaknya akan mendesak pembangunan fasilitas umum yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya dikatakan politisi Partai Gerindra tersebut adalah Jembatan Lubuak Batu Subakah tersebut.

baca juga: Hari Ketiga Pencarian, Warga Lima Puluh Kota Masih Belum Ditemukan

" Jembatan ini memang menjadi akses utama dan tentu kalau ini rusak bahkan nantinya putus pasti akan mengganggu masyarakat kita," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Lima Puluh Kota Ferizal Ridwan saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan segera memperbaikinya dalam beberapa hari ke depan. Namun pihaknya telah memastikan untuk sementara akan diperbaiki agar bisa dilewati.

"Walaupun sekarang hanya diperbaiki dan belum dibangun secara permanen. Namun setidaknya untuk sementara sudah bisa dilewati dan tidak mengganggu akses masyarakat," ujarnya

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera