Pemprov Sumbar Terima Bantuan 7 Ribu APD dan 35 Ribu Masker dari Gugus Tugas Pusat

Paket masker sampai di Lanud Sutan Sjahrir Padang
Paket masker sampai di Lanud Sutan Sjahrir Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menerima 7.000 Alat Pelindung Diri (APD) dan 35.000 masker dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan dari Gugus Tugas pusat itu dikirimkan langsung dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan Pesawat Hercules TNI dan tiba pukul 14.00 WIB tiba di Pangkalan Udara Sutan Sjahrir Padang.

baca juga: Dua Labor Periksa 619 Sampel, Warga Sumbar Positif COVID-19 Bertambah 11 Orang per 30 Mei

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat menerima paket tersebut mengatakan, APD dan masker rencananya akan disalurkan ke rumah sakit rujukan.

"Hari ini bantuan APD kita terima, segera kita distribusikan secara proporsional untuk rumah sakit daerah di 19 kabupaten kota termasuk rumah sakit rujukan yang ada di provinsi Sumbar sesuai kebutuhan," katanya, Selasa, 7 April 2020.

baca juga: Gelar Pilkada di Tengah COVID-19, KPU Pasbar Butuh Tambah Anggaran

Menurut Nasrul Abit , dengan adanya kelengkapan APD ini diharapkan bisa membantu petugas kesehatan yang berada di garda terdepan dalam penanganan virus Corona.

"InsyaAllah bisa membantu petugas-petugas kita yang saat ini berada di garda terdepan. Karena mereka lah yang bertugas agar COVID-19 tidak tertular lebih banyak lagi kemasyarakat. Salah satu tantangannya adalah petugas yang memastikan mereka tidak terpapar atau tidak," sebutnya.

baca juga: Puluhan Warga Sungai Rumbai Kembalikan Dana BLT, Ini Sebabnya

Dijelaskan Wagub Sumbar, APD tersebut sangat penting. Digunakan khusus terutama untuk tenaga kesehatan yang melakukan perawatan serta pelayanan di rumah sakit.

"Alhamdulillah sudah dibantu oleh pemerintah pusat. APD nya belum kita buka, semoga ini bermanfaat bagi kita semua," tutupanya. (*)

baca juga: Bantu Percepatan Kesembuhan, Manajemen RSUP M. Djamil Ajak PDP COVID-19 Senam Gembira

Editor: Joni Abdul Kasir