Gudang di Dinas Kantor Perpustakaan Pessel Terbakar, Ribuan Arsip dan Buku Ludes

Kondisi rak-rak buku dan bundel arsip di  gudang Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pessel usai kebakaran
Kondisi rak-rak buku dan bundel arsip di gudang Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pessel usai kebakaran (Dok. Dispol PP-Damkar Pessel)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Sejumlah arsip dan ribuan buku bacaan di gudang Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat lenyap terbakar, Rabu 8 April 2020. Informasi yang diterima, peristiwa itu terjadi setelah gedung atau gudang penyimpanan ribuan buku dan arsip di dinas tersebut terbakar, pukul 06.30 WIB.

"Semuanya (buku dan arsip) tidak bisa terselamatkan. Karena, api sangat cepat menyambar," ungkap Kadispol PP-Damkar Pesisir Selatan, Dailipal saat dihubungi KLIKPOSITIF .

baca juga: 30 Warga Batangkapas Pessel Jalani Karantina COVID-19

Ia menjelaskan, saat peristiwa itu terjadi kondisi kantor masih lengang, sehingga laporannya-pun diterima pukul 07.00 WIB. "Dugaan sementara akibat korsleting listrik, dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.30 WIB," terangnya.

Selain kerugian buku dan arsip, saat dinas terkait sedang menghitung total kerugian lainnya, dan ketika sejumlah buku dan arsip sudah diselamatkan. "Jarak kantor itu dari posko Damkar lebih kurang 300 meter, dan saat ini personel masih melakukan pendinginan," tutupnya.

baca juga: PSBB Jilid III, Camat Payakumbuh Selatan Siap Disiplinkan Warga di 6 Kelurahan

Hingga berita ini diturunkan, KLIKPOSITIF belum mendapat konfirmasi langsung dari pihak dinas terkait. Dari konfirmasi Kadispol PP-Damkar total buku yang terbakar mencapai 9000 exemplar dengan 43 rak arsip yang berisikan 1075 box, serta 2 unit serta alat penghirup udara sebanyak 22 unit.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani